View Full Version
Jum'at, 23 Feb 2018

Pengaruh Godaan Jin 'Qarin' Terhadap Pengasuhan Anak

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Bunda mudah marah menghadapi anak. Gampang berucap kasar, memaki, atau bahkan mendoakan buruk terhadap anak. Boleh jadi ini salah satu pengaruh syetan qarin yang menyertai Bunda.

Bunda merasa berat dan malas ibadah. Ogah menjalankan ketaatan. Atau terdorong untuk bermaksiat dan tertagih mengulangi maksiat. Akibatnya berdampak dalam mengasuh, mendidik, dan menjadi teladan bagi buah hati. Boleh jadi ini juga bagian dari godaan syetan qarin yang menyertai Bunda.

Ketika Bunda mendidik buah hati, Bunda dapatkan si Adik sulit diatur, diajari, dan mudah rewel. Atau seolah ada kawan tak terlihat menggodanya atau nampak keanehan lainnya. Boleh jadi ini karena godaan syetan qarin terhadap anak.

Ketahuilah, bahwa setiap orang sudah disiapkan satu jin menyertainya yang selalu berusaha menggelincirkan dan menyesatkannya. Jin ini disebut qarin yang akan selalu menggoda untuk berbuat buruk dan maksiat.

Allah Subahanahu wa Ta'ala berfirman,

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِنْ كَانَ فِي ضَلالٍ بَعِيدٍ . قَالَ لا تَخْتَصِمُوا لَدَيَّ وَقَدْ قَدَّمْتُ إِلَيْكُمْ بِالْوَعِيدِ . مَا يُبَدَّلُ الْقَوْلُ لَدَيَّ وَمَا أَنَا بِظَلامٍ لِلْعَبِيدِ

Yang menyertai dia berkata (pula): "Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh". Allah berfirman: "Janganlah kamu bertengkar di hadapan-Ku, padahal sesungguhnya Aku dahulu telah memberikan ancaman kepadamu". Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku.” (QS. Qaaf: 27-29)

Kemampuan qarin hanya membisiki, menggoda, dan menyesatkan. Qarin tidak memiliki kuasa selain mempengaruhi dan menggoda. Kekuatan iman seseorang akan melemahkan godaan syetan qarin itu.

Karenanya, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin menjelaskan,

إذا منّ الله سبحانه وتعالى على العبد بقلب سليم صادق متجه إلى الله عز وجل مريد للآخرة ، مؤثر لها على الدنيا : فإن الله تعالى يعينه على هذا القرين حتى يعجز عن إغوائه

“Apabila Allah Subahanahu wa Ta'ala memberikan kepada seorang hamba hati salim (lurus), jujur, menghadap kepada Allah ‘Azza wa Jalla mengejar akhirat dan mengutamakan akhirat atas dunia: maka Allah akan menolongnya menghadapi qarin ini sehingga ia tidak mampu menyesatkan dirinya.”

Apabila seseorang merasakan godaan syetan segeralah ia berlindung kepada Allah dari syetan terkutuk. Sebagaimana firman Allah Subahanahu wa Ta'ala,

وَإِمَّا يَنَزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah, sesungguhnya Dia Maha mendengar dan Maha mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 200)

Maksud godaan syetan di sini adalah syetan memerintahkanmu agar tidak taat atau mengerjakan maksiat.

Bunda ingin tahu lebih tentang pengaruh bisikan dan godaan jin qarin ini, ikuti Parenting Islami “Pengaruh Jin Qarin Kafir Terhadap Jiwa Ibu dan Perkembangan Anak” pada:

Hari Tanggal:

Ahad, 25 Februari 2018 M. / 9 Jumadil AKhir 1439 H.

Waktu:

09.00 – 12.00 WIB

Tempat:

Gedung Serba Guna, Sekolah Dasar Al Hanief Elementary School, Jl. Mitra Duta Bojong, Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat. (Belakang kampus Trisakti School of Management).

Nara Sumber:

Nia Nuraeni Gustini, Lc, MA. (Ummu Marwan) -Ustadzah International dari Pert, Austraia Barat

Seminar parenting Islami ini diselenggarakan oleh Yayasan Al Hanief Moeliza, SD Al Hanief, dan MadaniTV. [PurWD/voa-islam.com]

  • Kontak Person:  Ummu Ria (081212715650) Ibu Aida (087875530108)

latestnews

View Full Version