View Full Version
Sabtu, 15 Apr 2017

RZ Dirikan Sekolah Tahfidz Non Formal Pertama di Jayapura

JAYAPURA (voa-islam.com) - Sebagai upaya untuk membangun masyarakat Qurani, Rumah Zakat mendirikan Sekolah Tahfidz non formal untuk anak-anak kurang mampu di Jayapura. Menurut Branch Manager Rumah Zakat Jayapura, Wahyudi, ini merupakan sekolah tahfidz non formal pertama yang ada di sana.

“Bisa dikatakan kalau Rumah Tahfidz Juara ini adalah satu-satunya program tahfidz non formal yang ada di Kota Jayapura. Karena saat ini kelas tahfidz di Jayapura hanya tersedia di sekolah formal yang memberlakukan tarif cukup tinggi. Sehingga anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu tidak bisa mengakses pendidikan yang memiliki tujuan mulia tersebut,” tuturWahyudi, Rabu (5/4).

Wahyudi menambahkan, hal itulah yang mendasari Vanila Hijab dan Rumah Zakat untuk membuat sekolah gratis bagi anak-anak yang ingin menjadi hafidz dan hafidzah di Bumi Cendrawasih. Sejak September 2016, Rumah Tahfidz mulai beroperasi di Gedung SD Juara Jayapura, Jl. Baru Kotaraja Abepura untuk mengajarkan anak-anak asuh Rumah Zakat menghafal Al Quran.

Meski membangun Sekolah Tahfidz bukanlah pekerjaan mudah, terutama di wilayah yang penduduk muslimnya minoritas. Namun hal tersebut justru menjadi tantangan untuk menyebarkan kebaikan lewat pendidikan Al Quran. Selain faktor geografis seperti lokasi Rumah Tahfidz yang jauh dari pemukiman warga, kurangnya dukungan dari orangtua menjadi pekerjaan rumah baginya.

“Awalnya memang sulit, banyak tantangan yang harus dihadapi. Tapi, kami lihat peminat program ini semakin banyak. Jadi kami memiliki target untuk dapat membuka kelas baru di Rumah Tahfidz. Sehingga semakin banyak pula anak-anak di Jayapura yang mendapat kesempatan untuk mempelajari Al Quran,” katanya. [ril/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version