View Full Version
Sabtu, 04 Nov 2017

Sambut Kedatangan Menko Kemaritiman, Aliansi Mahasiswa ITB Tolak Reklamasi

BANDUNG (voa-islam.com) - Menko Maritim dan Menteri PUPR yang direncanakan akan hadir di Lustrum XI Teknik Lingkungan ITB dikabarkan membatalkan kehadiran. Konfirmasi tersebut disampaikan oleh panitia acara pada hari Jumat malam 03/11/2017).

Aliansi mahasiswa ITB menolak reklamasi teluk jakarta yang merencanakan penyambutan untuk Menko Maritim mempertanyakan keputusan pembatalan tersebut. Pembatalan tersebut terkesan mendadak dan mengecewakan massa aliansi yang ingin mempertanyakan keputusan Menko Maritim yang mencabut moratorium. Hal ini membuat massa merasa bahwa Menko Maritim tidak siap untuk berdiskusi secara ilmiah mengenai reklamasi teluk jakarta.

Menurut massa aliansi, pada proyek reklamasi teluk jakarta terdapat banyak kejanggalan. Sempat terhenti karena moratorium, reklamasi dilanjutkan atas keputusan dari Menko Maritim. Reklamasi dinilai beberapa pihak termasuk kalangan akademisi salah satunya Dosen Teknik Kelautan ITB Pak Muslim Muin.

Beliau menilai reklamasi teluk jakarta hanya akan membuat jakarta semakin rentan terkena banjir, membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pemindahan PLTU, dan menimbulkan dampak sosial akibat hilangnya lahan mata pencaharian nelayan. Beliau juga membantah segala alasan dilaksanakannya reklamasi teluk jakarta.

Sependapat dengan Pak Muslim, aliansi mahasiswa ITB menolak reklamasi teluk jakarta juga menggarisbawahi mengenai tegaknya supremasi hukum pada proses reklamasi tersebut. Mereka menilai proyek ini tidak dapat dilakukan karena melanggar beberapa aturan. Meskipun menko maritim membatalkan kehadiran, massa aliansi tetap melangsungkan aksi dan menyuarakan pendapat mengenai reklamasi teluk jakarta. [ril/syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version