View Full Version
Kamis, 27 Jul 2017

Kementan Serahkan Lahan 10.000 Hektare kepada PBNU untuk Dikelola Pertanian

JAKARTA (voa-islam.com)—Kementerian Pertanian menjalin dengan PBNU dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Bentuk kerjasama tersebut adalah pengelolaan lahan pertanian.

"Kami kerja sama lahan seluas 10.000 hektare di Palembang dan Lampung," ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Kesepakatan kerja sama tersebut merupakan salah satu hasil pertemuan tertutup antara Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan Ketua PBNU Said Aqil Siradj yang berlangsung sekiara dua jam di Kementerian Pertanian, Selasa (25/7/2017).

Said Aqil mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan produksi pertanian dan mendorong kesejahteraan petani kelas bawah di daerah.

"Kami ingin mendorong agar petani bisa menanam padi, bawang merah, sayur-mayur, dan lainnya mampu menghasilkan kualitas terbaik," katanya.

Saiq mengatakan, masih banyak lahan yang menganggur dan tidak produktif, hal itu karena banyak petani yang melakukan penanaman tidak maksimal.

Selama ini, menurut dia, banyak petani di daerah tidak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, sehingga mereka menanam hasil bumi dengan gaya konvensional dan tradisional karena tak ada pendampingan.

"Kadang-kadang petani menanam hanya semampu mereka seakan-akan mereka menghadapi globalisasi sendirian. Maka, kami terpanggil mendampingi mereka," katanya.

Pada kesempatan itu, Mentan Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya mendukung niat PBNU untuk meningkatkan kesejahteraan petani, terlebih lagi peningkatan kesejahteraan petani harus dikerjakan oleh banyak pihak.

"Kami sepakat bagaimana ekonomi berkeadilan. Bagaimana petani sejahtera, petani untung, pedagang untung, konsumen tenang karena harga stabil," katanya.* [Okezone/Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version