View Full Version
Sabtu, 23 Sep 2017

Yusril: Komunisme Bertentangan dengan Pancasila dan Tidak dapat Dikompromikan dengan Islam

JAKARTA (voa-islam.com)- Ketua Umum PBB yang seorang cendekiawan Muslim, Yusril Ihza Mahendra, mengatakan bahwa Umat Islam Indonesia harus membangun kekuatan politik untuk membela bangsa dan negara dari setiap upaya infiltrasi untuk melemahkannya. Negara berdasar Pancasila, menurutnya adalah negara yang sejalan dengan ajaran2 Islam sehingga umat Islam harus berada di barisan terdepan dalam membela dan membangun bangsa.

Yusril juga menekankan pentingnyaUmat Islam mempunyai kekuasaan politik agar mampu mengarahkan perjalanan bangsa dan negara ke arah yang lebih baik di masa depan.  “Jika umat Islam acuh tak acuh kepada politik Islam, bahkan mendukung kekuatan politik sekular apalagi berhaluan kiri atau liberal, maka cita-cita para pendiri bangsa untuk membangun negara berdasarkan Pancasila akan makin jauh.

Sekularisme dapat menenggelamkan Pancasila. Liberalisme akan menyebabkan tergadainya bangsa dan negara kepada kekuatan asing. Apalagi Komunisme. Faham Komunis akan membuat Pancasila hancur-lebur,” demikian katanya, belum lama ini, dalam acara Dialog 100 Tokoh Jawa Barat dengan Yusril Ihza Mahendra di Hotel Grand Asrilla, Bandung.

Dalam kesempatan itu, Islam, menurut Yusril mengajarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai2 kemanusiaan dan persatuan,  mengedepankan asas kerakyatan dan mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan setiap urusan, dan bercita2 untuk menegakkan tatanan masyarakat yang berkeadilan sosial. “Jika umat Islam tidak memegang tampuk kekuasaan politik, maka Pancasila ditafsirkan sedemikian rupa untuk kemudian dibenturkan dengan ajaran-ajaran Islam.”

Pengalaman sejarah tahun 1959-1965 menurutnya, membenarkan adanya pembenturan Islam dengan Pancasila itu. Akibatnya pembenturan itu, maka yang menguat adalah Komunisme.

“Padahal sejatinya justru Komunislah yang bertentangan dengan Pancasila. Karena itu, Yusril mengingatkan generasi Islam agar kritis dalam memahami sejarah bangsa, khususnya terkait dengan ancaman kegiatan PKI dan Komunisme di masa yang lalu. Islam, menurut Yusril, tidak mungkin dapat dikompromikan dengan Komunisme.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version