View Full Version
Senin, 20 Nov 2017

Pemerintah Dihimbau jangan Lengah Soal Papua jika Tidak Ingin seperti Timor Timur

JAKARTA (voa-islam.com)- Ada dugaan tragedi di Papua beberapa waktu lalu ditunggangi kepentingan negara luar. Akan dugaan tersebut, DPR RI pun berencana akan mengumpulkan parlemen-parlemen dunia untuk menghadapi isu dugaan tersebut.

“Untuk menutup celah diplomasi terkait isu Papua, @DPR_RI saat ini sedang merancang sebuah forum regional yang akan mengundang dan mengumpulkan parlemen negara-negara Kepulauan Pasifik. Kita harus merangkul tetangga-tetangga kita, terutama dalam hal ini adalah negara-negara Pasifik, terkait isu Papua ini,” kata Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, melalui akun Twitter pribadi miliknya, belum lama ini.

Menurut dia, sesudah reformasi, tanggung jawab menjaga keutuhan Indonesia memang harus dilaksanakan sesuai fungsi masing-masing. media sosial, propaganda media, serta memanfaatkan jaringan organisasi-organisasi internasional, ketimbang menggunakan aksi militer. “Mereka harus mendapatkan informasi dan pemahaman yang benar tentang Papua. Inisiasi pembentukan forum diplomasi itu harus datang dari kita dan perlu segera.”

Fadli mengingatkan soal Papua agar tidak seperti Timor Leste (sekarang). Di mana saat itu, pemerintah dianggap kurang memperhatikannya. “Berkaca dari kasus Timor Timur, pemerintah tak boleh lengah dalam mengamankan jalur diplomasi ini. Meski pendekatan keamanan masih diperlukan, tapi ujung tombak stabilitas Papua sebenarnya adalah pendekatan ekonomi dan keadilan.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version