View Full Version
Senin, 20 Nov 2017

Utang PLN hampir 200 Triliun, Pemerintah Berencana Hapus Pelanggan Listrik 900 VA

JAKARTA (voa-islam.com)- Utang PLN ditaksir sekitar hampir 200 triliun Rupiah. Apa karena utang yang banyak tersebut kemudian membuat PLN akan ikut pemerintah merencanakan penghapusan pelanggan listrik 900, 1.300, dan 2.200?

“Kita lihat, utang jatuh tempo PLN dalam 3 tahun ke depan sebesar Rp186,09 triliun. Padahal, PLN saat ini sedang dibebani oleh penugasan berbagai proyek oleh pemerintah. Akibatnya keuangan PLN kewalahan,” sebut Fadli Zon, di akun Twitter pribadi miliknya, belum lama ini.

Sebaiknya PLN, kata Fadli tak membiasakan diri membebankan salah urus dan inefisiensi perusahaan ke pundak konsumen. “Mereka seharusnya fokus memperbaiki manajemen internal. Begitu pula dengan Menteri ESDM dan Menteri BUMN, seharusnya mereka bisa menjadi pengawas dan pemandu PLN, bukannya malah melegitimasi rencana destruktif tersebut.

Pada akhirnya memperlemah kemampuan PLN memodali proyek-proyek yang sedang dikerjakannya.” Di sisi lain, PLN saat ini disebutnya tengah mengalami penurunan saldo kas bersih.

Angka DSR (Debt to Service Ratio) PLN kini di bawah 1, padahal batas wajarnya adalah di atas 1.5. “Itu artinya kemampuan arus kas bersih PLN untuk melunasi utang jangka pendek makin rendah.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version