View Full Version
Senin, 22 Jan 2018

PAHAM Minta Ketua MPR Ungkap Lima Fraksi DPR Pendukung LGBT

JAKARTA (voa-islam.com)--Reaksi beragam ditunjukan kelompok masyarakat terkait informasi yang disampaikan Ketua MPR bahwa lima fraksi di DPR sepakat dengan adanya LGBT. Salah satunya dari Rozaq Asyhari, Sekjend Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Indonesia, yang meminta agar Ketua MPR membuka daftar fraksi yang setuju dengan LGBT.

“Kami memang mendengar adanya pembahasan RUU KUHP yang dilakukan oleh Tim Perumus DPR RI di sebuah hotel di Jakarta. Dari informasi yang beredar bahwa sedang dibahas beberapa hal sensitif diantaranya pasal 292 yang mengatur mengenai perbuatan cabul sesama jenis. Namun statemen dari Ketua MPR yang menyatakan ada lima fraksi yang setuju terhadap LGBT tentunya sangat mengagetkan kami," ungkap Rozaq dalam rilis yang diterima Voa Islam, Senin (22/1/2018).

Lebih lanjut, Rozaq Asyhari meminta Ketua MPR untuk membuka daftar fraksi yang setuju dengan adanya LGBT. “Ketua MPR telah menyampaikan informasi yang menjadi perhatian publik, karenanya hal itu perlu diperjelas. Perlu disampaikan fraksi mana saja yang setuju, dan fraksi mana saja yang menolak. Dengan demikian, publik akan bisa mengetahui bagaimana sikap wakil mereka ketika membuat undang-undang di Senayan,” terang pengacara publik dari PAHAM Indonesia.

Rozaq menilai penjelasan itu penting agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. “Sebelumnya masyarakat sudah memperhatikan hal ini saat MK menolak judicial review pasal-pasal tersebut. Para hakim MK menilai bahwa pengaturan norma LGBT adalah ranah kewenangan DPR. Karenanya bila saat ini hal tersebut dibahas dalam RUU KUHP, seharusnya proses pembahasannya dibuka secara transparan ke publik,” lanjut doktor lulusan Universitas Indonesia tersebut.

“Dengan proses yang terbuka, masyarakat akan tahu sejauh mana pembahasan RUU KUHP. Sehingga mereka akan dapat memberikan masukan terkait substansi norma yang sedang digodok oleh Panja,' tutupnya.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version