View Full Version
Kamis, 19 Jul 2018

Mirah Sumirat: KSPI akan Gelar Demo 1000 Buruh Perempuan

JAKARTA (voa-islam.com) - Mirah Sumirat, Srikandi buruh Indonesia ini akan menggelar aksi demo 1000 buruh perempuan. Hal ini terungkap dari wawancara Voa-Islam.com di Jakarta.

Hal ini sebagai bentuk demo karena buruh tak punya wakil di DPR, " Buruh ga punya wakil di DPR. Anggota DPR kita kan kebanyakan anggota DPR dari akademisi, pengusaha dan artis," sindirnya.

"Masalahnya implementasi turn key project tersebut dilapangan banyak pelanggaran Contoh pelanggaran misalnya tenaga kerja asing yang masuk adalah tenaga kerja yang unskill alias buruh kasar. Yang sesungguhnya pekerjaan tersebut bisa dilakukan oleh tenaga kerja lokal Indonesia urainya panjang.

Semakin miris, Mirah menjelaskan, "Ditemukan kasus yaitu gaji buruh asing di berikan upah/gaji hingga Rp. 40 juta/bulan padahal pekerjaannya yg sama dan tidak menggunakan bank Indonesia, melainkan Bank milik asing" ungkapnya berapi-api.

Sementara buruh kita kesulitan dengan naik gaji hanya Rp. 200,000/tahun. "Hal ini sangat timpang karena buruh kita hanya naik Rp. 200,000/tahun" sesalnya.

 Buruh ga punya wakil di DPR. Anggota DPR kita kan kebanyakan anggota DPR dari akademisi, pengusaha dan artis," sindirnya.

"Contoh pelanggaranTurn Key Project tenaga kerja asing yang masuk adalah tenaga kerja yang unskill alias buruh kasar. Yang sesungguhnya pekerjaan tersebut bisa dilakukan oleh tenaga kerja lokal Indonesia. Kasus yg paling sering dan banyak terjadi melakukan pelanggaran adalah investor asal negara Tiongkok( Cina).menguasai dari hulu ke hilir, baik uang, material hingga tenaga kerja semua dari Cina seperti yang terjadi di Konawe, Sulawesi Tenggara." tegasnya lagi. 

Saat ini situasi kehidupan ekonomi makin sulit dimana harga kebutuhan naik dan subsidi rakyat banyak yang di cabu alias dihilangkan. "Oleh karena itu, KSPI dalam waktu dekat akan demo bersama kurang 1000 buruh perempuan, " tutupnya. [adivammar/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version