View Full Version
Jum'at, 20 Jul 2018

Fahri Khawatir BUMN jadi Tempat Mangkal Tim Sukses

JAKARTA (voa-islam.com)- Siapa yang tahu jika kekhawatiran terhadap utang Negara lebih kecil daripada utang yang dimiliki BUMN? Jika demikian adanya, maka bisa jadi Indonesia menghadapi masalah besar.

“Saya khawatir BUMN kita dalam masalah besar. Utangnya lebih besar dari utang negara. Tempat mangkal tim sukses, dikelola tanpa pertanggungjawaban dan menjadi petugas operasi ekonomi komando dengan kewajiban menyiapkan dana bagi kegiatan politik penguasa,” demikian analisa Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menanggapi adanya aksi massa dari karyawan Pertamina yang dilakukan hari ini, Jumat (20/7/2018), di akun Twitter pribadi miliknya.

Fahri merasakam dilema yang sedang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan milik negara tersebut, di antaranya Pertamina. “Saya menulis ini dalam sebuah buku yang sudah lama diterbitkan sekitar 10 tahun lalu. Menggambarkan #DilemaBUMN di satu sisi sebagai alat negara tapi di sisi lain sebagai medium kesejahteraan rakyat. 

Sampai hari ini (terutama) dilema itu masih terjadi.” Sebagai perusahaan negara, Fahri menilao BUMN sering mendapatkan tugas-tugas khusus, baik dalam pengertian yang positif maupun yang berarti bahwa ia melayani politik penguasa. 

“Baik program yang tidak layak secara bisnis maupun pintu bagi kegiatan cari dana politik yang  besar.” (Robi/voa-islam.com)

Share this post..

latestnews

View Full Version