View Full Version
Jum'at, 17 Aug 2018

Rupiah Terendah dalam Sejarah, dan 2 Juta Ton Impor Beras per 6 bulan

JAKARTA (voa-islam.com)- Nilai tukar Rupiah kembali ambrol ke titik terparah sepanjang sejarah berdasarkan perhitungan per tahun (2018). 

Tahun ini (year to date sampai hari ini), nilai tukar Rupiah bertengger di titik terendah sepanjang sejarah berdasarkan rerata tahunan, bukan pergerakan harian,” demikian pengamatan ekonom, Faisal Basri, di Kamis (16/8/2018), di akun Twitter pribadi miliknya.

Tidak hanya itu yang diamati oleh Faisal. Terkait pajak pun, selama bertahun-tahun mengalami kemerosotan terendah sepanjang sejarah.

“Nisbah pajak (tax ratio) merosot selama 6 tahun berturut-turut mencapai aras terendah sepanjang sejarah (sejauh data tersedia).”

Selain itu, ia juga mengamati perihal impor yang dilakukan oleh pemerintahan Joko Widodo. Khusus beras, Faisal menyatakan bahwa rezim inj sudah mengimpor lebih hampir 2 juta ton.

“Baru 6 bulan, impor beras sudah 1,1 juta ton. Izin impor yang sudah dikeluarkan Kemendag untuk tahun ini 2 juta ton. Bulog mengaku baru impor 1/2 juta ton di era Budi Waseso. Sisanya siapa yang impor?” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version