View Full Version
Ahad, 19 May 2019

Titik Balik Otoritarian di Rezim Jokowi

JAKARTA (voa-islam.com)- Kita sama-sama bisa melihat, selama lima tahun pemerintahan Jokowi telah terjadi pemasungan demokrasi, pembungkaman masyarakat, persekusi terhadap aktivis dan ulama yang kritis terhadap Pemerintah, serta penangkapan tokoh-tokoh dengan tudingan makar. Jadi, sesudah dua puluh tahun Reformasi, kini kita sedang berada di titik balik otoritarianisme. Demikian kata Fadli Zon, di akun Twitter pribadinya, Ahad (19/5/2019).

Bedanya, dulu otoritarianisme disokong oleh militer, maka kini disokong oleh polisi, katanya.

Akhir-akhir ini ancaman terhadap kebebasan berpendapat serta  kebebasan berekspresi memang kian menguat. Demokrasi kita tiba-tiba saja jadi mengharamkan demonstrasi.”

Hak rakyat untuk menyatakan pendapat, misalnya memprotes kecurangan Pemilu, bahkan bukan hanya telah dihalang-halangi, tapi mengalami intimidasi sedemikian rupa. Ancaman itu selain terlontar dari sejumlah menteri juga aparat kepolisian. 

“Terakhir bahkan masyarakat yang ingin memprotes kecurangan Pemilu pada 22 Mei nanti ditakut-takuti dengan kemungkinan adanya aksi teror bom oleh teroris.”

Selain itu ada sweeping, razia dan pencegahan masyarakat yang akan datang ke Jakarta. Menurut dia, ini sudah kelewatan. Seharusnya aparat kepolisian memberikan jaminan perlindungan bagi masyarakat yang hendak menuntut hak-hak konstitusional, bukan justru malah memberikan teror verbal semacam itu.

“Rakyat bukan musuh. Aparat kepolisian harus ingat semboyan ‘melindungi dan mengayomi’.”

(Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version