View Full Version
Ahad, 19 May 2019

Meski Juara, Kursi PDIP Rontok di DKI Jakarta

JAKARTA (voa-islam.com) - Hasil rapat pleno rekapitulasi suara untuk pemilihan anggota DPRD DKI Jakarta menghasilkan tiga partai yang memperoleh suara signifikan. Tiga partai, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendominasi jajaran tiga besar di sepuluh Dapil se-DKI Jakarta.

PDIP menduduki peringkat pertama di enam wilayah, Dapil 1 (Jakarta Pusat), Dapil 2 , Dapil 3 (Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu), Dapil 7 (Jakarta Selatan), Dapil 9, dan Dapil 10 (Jakarta Barat).

Sementara, Partai Gerindra menjadi jawara hanya di satu wilayah yaitu Dapil 8 Jakarta Selatan dengan 153.568 suara.

Tiga Dapil di Jakarta Timur, yaitu Dapil 4, 5, dan 6 menjadi daerah kemenangan PKS yang menduduki peringkat pertama perolehan suara.

Meskipun meraih perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta pada pemilu 2019 ini, PDIP harus menerima fakta bahwa perolehan kursi mereka tidak sebanyak pada pemilu 2014 lalu. Pada pemilu 2014, PDIP bisa memperoleh 28 kursi di DPRD DKI Jakarta sedangkan pada pemilu 2019 ini, kemungkinan PDIP hanya mendapatkan 25 kursi.

Penasihat Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Pras) menilai pemilu serentak ini berdampak pada perolehan suara PDIP. Menurutnya, warga hanya berfokus pada pilpres dibandingkan pileg.

"Ini adalah pemilu yang sangat berat," sebutnya.

Pras juga menyinggung PSI, yang dinilai meraup suara dari PDIP. Dia menilai PSI mempunyai segmen yang sama dengan partainya.[dbs/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version