View Full Version
Sabtu, 21 Jan 2017

Pembentukan Forum Masjid Seluruh Indonesia Bersatu (Formasi Satu)

Oleh: Mugi

Ide mendirikan Forum Masjid Seluruh Indonesia Bersatu, berawal dari group media sosial yang beranggotakan pengurus DKM Masjid di wilayah Cibubur – Cileungsi. Tujuan utamanya yaitu untuk menjalin dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah antar pengurus DKM pada khususnya dan umat Islam pada umumnya.

Pertemuan perdana diadakan di Masjid Darussalam Perumahan Kota Wisata Cibubur pada hari Ahad, 18 Desember 2016. Melalui musyawarah kemudian disepakati untuk membuat suatu forum dengan nama Forum Masjid Seluruh Indonesia Bersatu (FORMASI SATU). Forum ini dihadiri perwakilan pengurus dari 35 DKM Masjid-masjid yang berada di wilayah Cibubur, Cileungsi, Bekasi, Depok dan Jakarta Timur.

Tujuan pembentukan forum ini adalah untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, meningkatkan potensi dan fungsi Masjid, meningkatkan potensi dan pemberdayaan umat Islam dalam sektor Ekonomi, Sosial dan Kemasyarakatan, serta menjalin kerjasama program antar masjid secara lokal dan nasional dengan tetap menjalin komunikasi melalui MUI dan DMI.

...Tujuan pembentukan forum ini adalah untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, meningkatkan potensi dan fungsi Masjid, meningkatkan potensi dan pemberdayaan umat Islam dalam sektor Ekonomi, Sosial dan Kemasyarakatan, ..

Dalam pertemuan itu terbentuk kepengurusan inti yaitu Ketua Umum Bapak Zahrul Anwar dari DKM Darussalam Kota Wisata Cibubur dan Ketua Harian Bapak Erwin Novriyanto dari DKM Al Ittihad Legenda Wisata Cibubur. Sedangkan divisi lainnya diisi dari DKM yang tergabung di dalamnya.

Salah satu bentuk kegiatan dari Formasi Satu adalah menghimpun bantuan untuk korban gempa Aceh. Penanganannya di bawah komando Divisi Kemanusiaan. Dalam waktu dua pekan bantuan dapat terkumpul dan diserahkan langsung ke Aceh melalui perjalanan darat. Walaupun tubuh letih tapi semangat untuk umat terus berkobar.

Pada hari Ahad 15 Januari 2017 Formasi Satu mengadakan pertemuan kedua kalinya di Masjid Raya Al Ittihad Legenda Wisata Cibubur. Pertemuan ini mengagendakan pengukuhan kepengurusan dan divisi-divisi organisasi serta pembacaan program kerja dari setiap divisi. Selanjutnya pertemuan forum ini akan dilaksanakan berpindah-pindah dari masjid ke masjid. Mudah-mudahan forum ini terus maju berbuat untuk kemaslahatan umat di negeri ini. (riafariana/voa-islam.com)

 


latestnews

View Full Version