View Full Version
Rabu, 17 Sep 2014

Dompet Dhuafa Launching Gerai Zakat Untuk Permudah 'Tasaruf' Ziswaf

Launching Gerai Zakat
Permudah Masyarakat Mentasarufkan Ziswaf Melalui Gerai Zakat Dompet Dhuafa Di BMT Beringharjo

BINTARO (voa-islam.com)  —Tren penghimpunan zakat yang dipercayakan kepada Dompet Dhuafa terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut membuat Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba yang bergerak dalam penghimpunan dan pentasarufan zakat, infaq, sedekah dan wakaf (Ziswaf) terus bersemangat menggalang donasi masyarakat untuk kegiatan sosial, serta kemanusiaan.

Menurut penelitian Asian Development Bank pada 2012, potensi zakat di Indonesia sebesar Rp 217 triliun. Namun dari total angka yang didapat dalam penelitian tersebut semuanya belum tergarap. Walaupun dengan banyaknya lembaga zakat yang ada dan tumbuh di Indonesia, salah satunya Dompet Dhuafa, ternyata belum mampu menghimpun secara maksimal dana Ziswaf yang ada. Tentu semuanya masih membuka lebar peluang untuk fundraising melalui beragam program pendayagunaan zakat yang meliputi pendidikan, kesehatan, sosial-ekonomi, lingkungan dan lainnya.

Sehubungan dengan itu, Dompet Dhuafa bermaksud mengembangkan jaringan penghimpunan Ziswaf melalui  kerjasama dengan berbagai pihak dan perusahaan seperti Baitul Mal, komunitas, dan lainnya. Pada kesempatan ini Dompet Dhuafa berkesempatan untuk menambah jalinan kerjasama dengan Baitul Mal dengan mengusung ekspansi strategi fundraising berkonsep Gerai dan Kantor Kas. Kali ini BMT Beringharjo Bintaro menjadi  salah satu baitulmal yang menjadi jaringan baru Dompet Dhuafa untuk kawasan Bintaro.

“Kerjasama tersebut menjadi terobosan Dompet Dhuafa dalam mngoptimalkan potensi donasi Ziswaf masyarakat Bintaro dan sekitarnya. Sehingga dengan kedekatan dan kemudahan berzakat dari Dompet Dhuafa dengan BMT Biringharjo, masyarakat Bintaro semakin tegerak untuk mendonasikan dananya yang merupakan bagian dari zakat yang menjadi bagian para mustahik,” tutur Ahmad Juwaini, Presiden Direktur Dompet Dhuafa Filantropi.

Dengan Kerjasama ini kedua lembaga juga mampu untuk memberikan awarness mengenai pentingnya Ziswaf bagi masyarakat muslim, khususnya kawasan Bintaro. Terlebih lagi juga menjadi upaya mensosialisasikan dan membangun hubungan baik antara pihak Dompet Dhuafa dengan BMT Beringharjo Bintaro kepada masyarakat dan penerima manfaat.

“Tentunya kerjasama gerai ini tak hanya terbatas pada penghimpunan atau fundraising saja. Tetapi ada fungsi layanan dan program pemberdayaan yang dirancang bersama antara Dompet Dhuafa dan BMT Beringharjo Bintaro yang peruntukannya kepada para penerima manfaat atau mustahik di kawasan Bintaro dan sekitarnya,” kata Ahmad menambahkan.

Tentu dengan adanya jaringan baru dalam membangun kemudahan masyarakat dalam mentasarufkan donasi Ziswaf seperti gerai zakat di BMT Beringharjo ini semakin menambah optimis dan semangat Dompet Dhuafa dalam menembus capaian himpunan donasi masyarakat. Selain itu, melalui donasinya ke Dompet Dhuafa, masyarakat juga turut mendukung beragam program mulia untuk membangun masyarakat Indonesia yang kuat dan berdaya.


Tentang Dompet Dhuafa 
Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).  Selama 21 tahun, Dompet Dhuafa telah berkontribusi dengan berbagai layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. 

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi :
Public Relation Dompet Dhuafa
Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok C 26-28, Jl Ir H Juanda No 50, Ciputat
U.P : Etika Setiawanti 
Telp. 021 741 6050
www.dompetdhuafa.org @Dompet_Dhuafa


latestnews

View Full Version