View Full Version
Selasa, 03 Feb 2015

BIB Berikan 20.000 Stek Rumput Taiwan untuk Peternak MTN

BANDUNG (voa-islam.com) - BIB (Balai Inseminasi Buatan) Lembang memberikan 20.000 stek rumput Taiwan untuk peternak MTN (Masyarakat Ternak Nusantara). “Awal tahun lalu BIB Lembang memberikan sekitar 8.000 stek rumput Taiwan untuk peternak MTN. Karena jumlah peternak kami meningkat, maka jumlah pemberian rumput Taiwan sebagai pakan hijau pun ditingkatkan menjadi 20.000 stek,” terang Direktur MTN, Noor Yahya, Selasa (3/2).

Pemberian rumput Taiwan kepada peternak merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hewan ternak dan permasalahan pakan dapat terselesaikan. “Kami berharap para peternak mulai menanam pakan serta mengembangkannya sehingga tidak lagi mengandalkan dari rumput liar. Kedepannya, BIB Lembang akan memantau langsung perkembangan rumput ini ke peternak-peternak yang menerima bantuan,” ujar Ali Kurniawan, Kordinator Mutu Pakan BIB Lembang.

Pakan merupakan hal penting dalam dunia peternakan. Keberhasilan usaha peternakan sangat tergantung pada manajemen pakan. Kebutuhan pakan untuk tiap ternak berbeda-beda, tergantung jenis ternak, umur, bobot badan, keadaan lingkungan dan kondisi fisiologis ternak.

Pakan harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ternak dengan jumlah yang seimbang.

“Pada umumnya peternak masih memberikan rumput lokal atau rumput liar yang ada di padang penggembalaan maupun di tempat-tempat lain seperti sawah dan ladang. Ini menyebabkan produktivitas ternak belum optimal, sebab kandungan nutrisi pada rumput-rumput tersebut masih rendah. Sedangkan kandungan protein kasar rumput Taiwan selalu di atas 7% dari bobot rumput,” ungkap Yahya.

MTN adalah lembaga pemberdayaan masyarakat di bidang peternakan, berbadan hukum yayasan. MTN membangun mitra sinergi dalam meningkatkan keahlian, jiwa wirausaha peternak (agropreneur) serta dalam membangun jaringan pemasaran hewan ternak.

Pelatihan dan pendampingan peternak MTN melibatkan tenaga ahli bidang peternakan agar skala pemberdayaan peternak meningkat. [adivammar/mtn]


latestnews

View Full Version