View Full Version
Rabu, 15 Mar 2017

WarungMu Solo, Membangun Sedekah dengan Jajan Murah

 
SOLO (voa-islam.com)--Kota Solo, Jawa Tengah menjadi pilot project WarungMu ((Warung Murah Muhamadiyah). Warungmu yang berdiri di kompleks Masjid Syukur, Jl. Ki Hajar Dewantoro 60, Jebres, Solo diluncurkan 5 Maret 2017 kemarin. 
 
Manager WarungMu, Wawan Puronomo mengatakan di Solo warungMU di kelola oleh Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah dan LazisMu Surakarta. WarungMu beroperasi pukul 07.00 sampai pukul 15.00 WIB.
 
Lanjutnya,  harga satu paket makanan (misalnya teh, semangkuk soto, dan camilan) Rp3.500. Harga tersebut setidaknya cukup membantu konsumen yang memiliki pendapatan kecil, uang pas-pasan.
 
Pihaknya juga menawarkan konsumen yang berkecukupan untuk membeli voucher senilai satu paket makanan (Rp 3.500). Voucher tersebut dapat digunakan kaum dhuafa untuk makan gratis di WarungMu. Selain itu, pada Jum'at WarungMu juga mengratiskan makanan.
 
"Seluruh uang hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan sosial yang dikelola LazisMU. Jadi sedekah itu mudah, makan di WarungMu itu juga ada nilai sedekahnya," ujar Wawan.
 
Pihaknya juga mendorong munculnya jiwa jiwa relawan. Selama ini sudah banyak kalangan yang menjadi relawan di WarungMu, baik sebagai paramusaji maupun tukang cuci piring. Antara lain dari kalangan PNS, karyawan swasta, pimpinan perguruan tinggi Muhamadiyah, dan anggota DPRD Kota Surakarta. 
 
Namun demikian, diakui Wawan target seratus porsi sehari belum terpenuhi. Sejak dibuka 5 Maret 2017 lalu, WarungMu baru mampu menjual 40 hingga 50 porsi. Jika warung mu telah beroprasi dengan baik, pihaknya berencana membuat cabang baru.
 
"Rencananya di Kecamatan Serengan dan Pasar Kliwon. Harapannya WarungMu dapat bermanfaat bagi umat,” tandasnya. * [Aan/Syaf/voa-islam.com] 
Share this post..

latestnews

View Full Version