View Full Version
Jum'at, 31 Mar 2017

Bangun Muslim Berjiwa Entrepreneurship, MTW Jabar Gelar Kajian Wirausaha

BANDUNG (voa-islam.com) - Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Trans Studio (TSM) Kota Bandung, Selasa (28/3/2017). Kehadiran mereka untuk mengikuti kajian tentang penting ummat Islam membangun ekonomi yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim Wirausaha (MTW) Wilayah Jabar.

Menurut Nurjanah selaku sekretaris MTW Jabar mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut rutin dilakukan oleh pihaknya setidaknya sekali dalam dua bulan. Nurjanah menambahkan salah satu tujuan digelarnya acara tabligh akbar dan kajian tentang wirausaha (entrepreneurship) adalah untuk menumbuhkan sekaligus membangun jiwa usaha dikalangan ummat Islam.

“Jika kita meneladani Rasulullah Saw dan mayoritas para sahabat adalah berprofesi sebagai pedagang. Demikian juga kalau kita baca sejarah salah satu cara atau metode dakwah dikembangkan oleh para pedagang,” ungkapnya.

...sisi ekonomi kaum muslimin saat ini masih terpuruk sehingga perlu bangkitkan kembali sebagai salah satu modal kebangkitan Islam. Ekonomi ummat Islam menurut Nurjanah mempunyai potensi besar jika dikembangkan dan saling sinergi satu dengan yang lainnya

Selain itu, sambungnya, sisi ekonomi kaum muslimin saat ini masih terpuruk sehingga perlu bangkitkan kembali sebagai salah satu modal kebangkitan Islam. Ekonomi ummat Islam menurut Nurjanah mempunyai potensi besar jika dikembangkan dan saling sinergi satu dengan yang lainnya.

“Harus kita akui selama ini ummat Islam yang demikian mayoritas di negeri ini masih sebatas konsumen atau paling banter menjadi distributor dan hanya sebagian kecil saja yang menjadi produsen, sebagian besar masih dimiliki atau dikuasai non muslim. Hal ini yang harus menjadi perhatian kita bersama, kita usahan ekonomi dari ummat, oleh ummat dan untuk kesejahteraan ummat,” ajaknya.

Menurut Nurjanah sejak dirintis dan kembangkan 2 tahun lalu MTW sendiri untuk wilayah Jawa Barat sudah memiliki anggota aktif sedikitnya 3000 orang dan untuk Kota Bandung ada sekira 1000 orang. Kegiatan MTW sendiri selain untuk sosialisasi juga untuk menjaring jamaah yang mempunyai minat berwirausaha.

“Setelah aktif di MTW kita akan kelompokan dalam beberapa bidang usaha seperti property, fashion, kuliner, pendidikan, kesehatan, agro, perdagangan dan jasa. Kita ada training dan kajian khusus serta latihan sekaligus praktinya,” ujar Nurjanah yang juga mempunyai usaha fashion ini.

Untuk itu pihaknya juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta sebagai mitra. Selain itu diharapkan para mitra juga dapat membantu melakukan pembinaan dan pelatihan serta permodalan.

“Harapan kita tentu melalui MTW ini akan lahir para wirausahawan atau saudagar muslim yang tangguh, peduli, bertakwa seperti generasi para sahabat terdahulu. Intinya ekonomi ummat Islam harus bangkit dan berkembang dalam segala bidang,” pungkasnya. [percikaniman/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version