View Full Version
Jum'at, 18 Aug 2017

Hari Kemerdekaan, Pikulbareng.com Diluncurkan untuk Lepas Jeratan Riba Pengusaha Muslim

JAKARTA (voa-islam.com)—Gerakan urunan modal usaha atau crowdfunding pikulbareng.com diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke 72. Gerakan ini didirikan sebagai upaya melepaskan jerat riba pengusaha-pengusaha muslim.

“Kondisi sekarang ini darurat riba. Pengusaha-pengusaha muslim hampir tidak mungkin tidak terjerat dengan riba. Mereka pinjam modal dari bank ribawi. Nah, pikulbareng ini adalah solusi untuk mengerakan perekonomian umat tanpa riba,” ujar Aput Dachlan, Owner pikulbareng.com kepada wartawan di Jakarta, Kamis (17/8/2017). 

Dikatakan Aput, tugas pengelola pikulbareng.com nantinya akan mengumpulkan dana usaha dari para investor. “Jadi misalnya nanti ada pengusaha muslim yang mengajukan pinjaman dana untuk pengembangan usaha ke kami, lalu usaha tersebut akan kami tawarkan kepada para investor. Begitu target jumlah dana pinjaman terpenuhi, maka tawaran itu kami tutup,” ungkap Aput. 

Menurut Aput, ada beberapa syarat bagi pengusaha yang ingin mengajukan modal usaha ke pikulbareng.com. “Diantaranya bisnis yang ingin ditawarkan sudah berjalan (running) minimal satu tahun. Serta harus berbentuk PT. Nanti ada tim kami yang akan survei layak atau tidaknya usaha tersebut kita danai. Untuk jumlah minimal dana yang dipinjamkan sebesar Rp100 juta,” jelas Aput. 

Sementara, untuk akad pinjaman menggunakan konsep islami, baik akad dengan pemilik dana (sahibul maal) maupun dengan pengusaha.  

“Dengan konsep syariah jauh lebih menguntungkan, baik bagi pelaku bisnis maupun investor,” ungkap Aput. 

Aput mengatakan, sejumlah pihak sangat antusias atas lahirnya crowdfunding ini. Mereka siap untuk menginvestasikan dananya melalui Pikulbareng.com. "Padahal ini masih pendekatan personal, belum kita umumkan ke publik," tambahnya. 

Saat ini Pikulbareng.com sedang menyelesaikan proses legalisasi dan perizinan badan. Termasuk juga berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk operasionalnya. “Legalitas kita sedang kita proses. Sehingga apa yang kita lakukan sesuai koridor hukum,” jelas Aput. 

Selain lini bisnis, pikulbareng.com juga memiliki kepedulian pada lini sosial kemanusiaan dengan nama pikul donasi. Sehingga diharapkan, dengan kehadiran pikulbareng.com ini umat Islam dapat bekerjasama membangun kemandiran umat. 

Selain Aput, pikulbareng.com didirikan oleh DR Suroso, praktisi IT,  dan A Subekti praktisi keuangan. * [Syaf/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version