View Full Version
Sabtu, 05 Nov 2016

Masya Allah, BMKG Sebut Telah Terjadi Perubahan Cuaca pada Aksi Bela Islam Jumat Kemarin

JAKARTA (voa-islam.com) --Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Jumat (4/11/2016) siang kemarin wilayah Jakarta akan diguyur hujan deras disertai petir.

Namun faktanya kemarin cuaca tidak hujan juga tidak panas, cenderung sejuk.

Meskipun sebelumnya BMKG telah merilis prakiraan cuaca Jakarta akan diguyur hujan deras disertai petir, tapi ini tak menyurutkan langkah umat Islam mengikuti aksi Bela Islam Jilid III.

Kepala Bidang Layanan Informasi Cuaca BMKG Ana Oktavia menjelaskan perubahan cuaca tersebut.

Menurut Ana terdapat perubahan kondisi angin yang mengakibatkan munculnya penyebaran arah dan kecepatan angin atau divergensi tepat di wilayah Jakarta.

"Artinya zona tersebut menyebabkan kandungan uap air terurai dan tidak terdapat proses pertumbuhan awan di sekitar Jakarta khususnya wilayah Pusat, Utara dan Timur," ujarnya seperti dikutip dari Republika Online.

Keadaan tersebut, menurut Ana, dapat dilihat dari pengamatan Citra Satelit Cuaca Himawari, dimana wilayah Banten, Jakarta Selatan, Depok, Bogor dan Tangerang Selatan terjadi hujan dan wilayah Jakarta Pusat dan sekitarnya berubah menjadi cerah berawan.

"Kandungan uap air yang cukup basah di wilayah jabodetabek yang terpantau sejak pagi hari cenderung bergeser ke wilayah Banten dan Jawa Barat bagian Selatan serta mengakibatkan hujan lebat disertai petir terjadi di wilayah tersebut," kata Ana menambahkan.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version