View Full Version
Ahad, 07 Jan 2018

2018, Mark Zuckerberg Janji 'Perbaiki' Facebook

LONDON (voa-islam.com) - CEO Facebook, Mark Zuckerberg, berjanji untuk 'memperbaiki' Facebook. Ini merupakan tantangan pribadi yang Zuckerberg buat untuk dirinya di 2018 ini.

Dalam unggahan di akun Facebook miliknya, Zuckerberg menyatakan telah membuat banyak kesalahan dengan kebijakan yang memaksa dan mencegah penyalahgunaan Facebook. Zuckerberg sendiri menyatakan tantangan bagi diri sendiri ini sudah ia buat sejak 2009, lima tahun sejak ia meluncurkan Facebook, demikian dilansir BBC pekan ini.
 
Zuckerberg menyatakan akan fokus pada beberapa isu penting. Ia menekankan langkah itu bertujuan melindungi masyarakat dari penyalahgunaan dan kebencian, pertahanan dari interferensi negara-negara, dan memastikan Facebook digunakan sebagai hal yang bermanfaat.
 
''Jika itu berhasil, 2018 akan berakhir dengan pencapaian lebih baik,'' tulis Zuckerberg.
 
CEO Facebook itu menyatakan akan belajar lebih banyak untuk melihat lebih dalam persoalan-persoalan yang ada dan melakukan sesuatu.
 
Facebook sempat menghadapi tekanan serius soal berita bohong menjelang dan saat pemilihan Presiden AS berlangsung. Jejaring sosial ini dituding punya kaitan dengan pengiklan politik Rusia saat pemilihan Presiden AS digelar pada 2016 lalu.
 
Namun, unggahan itu menuai kritik, terutama soal mengapa Zuckerberg harus memperjelas tantangan yang ia buat untuk menyelesaikan isu-isu tersebut.
 
Zuckerberg pernah mengatakan, teknologi memang menjanjikan kekuasaan ke tangah seseorang. Tapi banyak orang tak lagu percaya soal itu dan menyakini teknologi sebenarnya adalah alat sentralisasi kekuasaan.
 
Belakangan, beberapa pengguna Facebook di Indonesia juga mengalami penutupan akun karena memposting hal-hal yang dianggap sebagai ujaran kebencian. Akan kah ini juga akan diperbaiki oleh Facebook, khususnya perwakilan Facebook di Indonesia? [rol/syahid/voa-islam.com]
 

latestnews

View Full Version