View Full Version
Jum'at, 13 Apr 2018

Kemenkominfo Sediakan Akses Internet Daerah 3T, Ini Kata DPR

NUSA TENGGARA BARAT- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dianggap telah bekerja secara baik dan fokus oleh Komisi I DPR RI dalam melaksanakan perannya untuk menyediakan akses jaringan internet ke daerah kategori 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Demikian dikemukakan anggota  Komisi I DPR RI, Evita Nursanty, saat kunjungan kerja guna memantau pemanfaatan penyediaan akses layanan internet, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (12/4).

Menurut Evita, Kementerian Komunikasi dan Informatika perlu terus bekerja sama dengan lembaga atau pemerintah daerah lainnya agar program penyediaan akses internet dapat mencapai sasaran untuk masyarakat dan berkelanjutan. Demikian siaran pers yang diterima voa-islam.com.

Komisi I DPR RI pada kunjungan kerjanya kali ini menyambangi SMA Negeri I Janapria. Di sana, Evita secara langsung melihat perkembangan jaringan internet yang telah terpasang. "Tadi kunjungan ke SMAN 1 Janapria. Kami lihat jaringan internetnya sudah terpasang dengan baik dan murid-murid sekolahnya sudah melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata Evita.

Evita mengimbau agar Kementerian Komunikasi dan Informatika benar-benar memastikan jaringan internet yang sudah terpasang agar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelajar maupun masyarakat.

Hal lainnya, Direktur BAKTI/BP3TI Anang Latif menjelaskan, untuk akses ketersediaan internet pada sektor pendidikan, pihaknya secara intensif bersinergi dengan Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Pustekkom punya data sekolah dan lain-lain. Mereka yang memetakan mana akses internet dibiayai langsung oleh Kementerian Pendidikan dan yang meminta bantuan kami," ujar Anang. Anang mengungkapkan, menyoal kerja sama permintaan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi lazimnya terkait fasilitas berbasis satelit.

"Wajar saja karena operasionalnya lebih mahal dibandingkan berbasis operator atau seluler," ucap Anang.

Sedangkan Kepala Sekolah SMAN 1 Janapria, Wildan, menuturkan, amat merasakan manfaat ketersediaan akses internet di sekolahnya. Meskipun, menurut Wildan, masih perlu terus pembenahan dan penambahan lagi, khususnya perangkat infrastruktur, agar semakin layak.  (Robi/voa-islam.com)

Share this post..

latestnews

View Full Version