View Full Version
Sabtu, 08 Jun 2019

NASA akan Buka Stasiun Ruang Angkasa untuk Para Wisatawan

WASHINGTON (voa-islam.com) - NASA Jumat kemarin (7/6/2019) mengumumkan bahwa mereka akan membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk para wisatawan.

Badan antariksa AS itu mengatakan akan membuka stasiun ruang angkasa untuk "misi astronot swasta" dengan mengizinkan dua penerbangan per tahun, masing-masing berlangsung maksimal 30 hari.

Perjalanan akan menelan biaya sekitar $ 50 juta, di mana NASA menghasilkan keuntungan $ 35.000 per perjalanan, menurut CNBC.

Langkah itu dilakukan ketika perusahaan-perusahaan seperti Boeing dan SpaceX mengembangkan kapsul untuk membawa manusia ke ISS, dan NASA mengatakan bahwa kedua perusahaan itu akan mengurus para wisatawan dan segala kebutuhan yang mungkin mereka miliki.

Misi swasta terencana pertama ke ISS ditetapkan pada 2020, kata badan antariksa tersebut.

ISS perlahan-lahan bergerak ke arah privatisasi, dengan NASA menciptakan semakin banyak kesepakatan dengan perusahaan swasta untuk mengoperasikan misi ke stasiun.

Komersialisasi stasiun ruang angkasa telah dibahas secara menyeluruh, dengan beberapa mengatakan hal itu dapat membantu mengurangi beberapa biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengoperasikannya, dan dapat membantu memacu ekosistem bisnis baru di ruang angkasa.

Perusahaan swasta juga akan memiliki kesempatan untuk menawar kegiatan baru di ISS, ketika NASA meluncurkan inisiatif untuk "memungkinkan manufaktur dan produksi komersial dan memungkinkan NASA serta astronot swasta untuk melakukan kegiatan komersial baru di atas laboratorium yang mengorbit.

"Dalam jangka panjang, tujuan NASA adalah menjadi salah satu dari banyak pelanggan yang membeli layanan dari destinasi bebas, komersial, dan bebas terbang di orbit rendah Bumi," kata agensi itu dalam siaran persnya.

Sekitar sepertiga dari anggaran tahunan NASA untuk ISS digunakan untuk biaya operasional, menurut Washington Post.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version