View Full Version
Selasa, 15 Apr 2014

3 Kru TV Milik Syi'ah Hizbullah Tewas Ditembak di Maloula Suriah

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Tiga pekerja yang bekerja untuk stasiun TV Al Manar milik kelompok Syi'ah Hizbullah tewas pada hari Senin (14/4/2014) setelah mobil yang mereka tumpangi di berada di bawah hujan peluru di kota Suriah Maaloula, kata stasiun tv tersebut.

Ketiganya sedang melakukan liputan di kota bersejarah Kristen itu setelah direbut oleh tentara Suriah ketika insiden itu terjadi.

Al Manar mengidentifikasi ketiganya sebagai reporter Hamza Al Haj Hassan, teknisi Halim Allaw, dan juru kamera Mohammed Mantash. Dua rekan mereka juga terluka, kata tv itu.

Militan Syi'ah bersenjata Libanon Hizbullah adalah sekutu setia rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Anggota milisi dari kelompok itu telah melakukan perjalanan ke Suriah dan telah berperan penting dalam membantu pasukan Suriah mengamankan bidang utama dekat perbatasan Libanon.

Didukung oleh milisi Syi'ah Hizbullah, pemerintah Suriah pada hari Senin merebut setidaknya tiga desa perbatasan, termasuk Maaloula, utara Damaskus.

Al Manar mengatakan "orang bersenjata" menembaki konvoi yang membawa kru, menggunakan istilah yang sering digunakan oleh pihak berwenang Suriah untuk menyebut pejuang oposisi yang berjuang untuk menggulingkan Presiden Bashar Al-Assad.

Stasiun ini menunjukkan rekaman dari dua mobil, termasuk SUV putih membawa peralatan penyiaran untuk siaran langsung dengan lubang peluru di pintu, jendela dan roda dan darah di kursi.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan para kru itu ditembak oleh para penembak jitu dari brigade Islam di daerah tersebut. Ia menambahkan bahwa empat tentara Suriah tewas ketika mereka mencoba untuk menyelamatkan tim TV Al Manar.

Televisi Suriah yang dikelola negara mengatakan para awak Al Manar dihujani tembakan bersama dengan kru dari saluran TV berbahasa Arab milik pemerintah Iran, Al Alam TV. (by/AP)


latestnews

View Full Version