View Full Version
Kamis, 17 Apr 2014

2177 Tentara AS Tewas, 19.698 Terluka Sejak Perang di Afghanistan

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Setidaknya 2.177 prajurit AS telah tewas dan hampir 19.698 lainnya telah terluka sejak dimulainya invasi pimpinan AS ke Afghanistan akhir 2001 lalu, menurut hitungan Associated Press.

Sementara itu angka-angka berbeda diberikan oleh militer AS, menunjukkan hanya 1.802 tentara AS telah tewas di Afghanistan akibat tindakan bermusuhan.

Departemen Pertahanan AS melaporkan setidaknya 132 lebih anggota tentara yang telah tewas di luar Afghanistan dalam mendukung Operasi Enduring Freedom (sandi operasi perang di Afghanistan-Red).

Menurut departemen pertahanan, setidaknya 11 dari 132 anggota tentara tewas akibat tindakan bermusuhan.

Namun hal ini berbeda dengan laporan Associated Press dimana mereka menunjukkan bahwa ada 135 anggota tentara AS yang tewas di luar Afghanistan dalam mendukung Operasi Enduring Freedom.

Departemen Pertahanan juga melaporkan bahwa 19.698 anggota layanan telah terluka dalam aksi bermusuhan sejak awal misi AS di Afghanistan.

Laporan berbeda tentang jumlah korban tewas prajurit AS dalam perang di Afghanistan juga datang dari situs independ icasualities.org. Situs yang memantau korban tewas dari pasukan koalisi dalam di perang Afghanistan dan Irak itu melaporkan bahwa sedikitnya 2316 tentara AS telah tewas selama hampir 13 tahun kampanye perang di Afghanistan. (by/kp)


latestnews

View Full Version