View Full Version
Senin, 20 Jan 2020

Menjadi Hamba yang Beriman

 

Oleh:

Khansa Az Zahra

Mahasiswi STEI SEBI Depok

 

KITA sebagai seorang muslim pasti tahu bahwa menjalankan kewajiban yang telah allah teteapkan kepada kita adalah perkara yang penting dan tidak boleh ditinggalkan, sesibuk apapun kita, sesulit apapaun urusan kita tidak ada alasan yang kuat untuk kita meninggalkan kewajiban kita kepada Allah swt. Mau kita kaya, miskin, cantik, ganteng ataupun jelek kita sama-sama menjadi hamba Allah yang wajib menunaikan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Kita disini harus tunjukan kepada Allah bahwa kita memang hamba yang cinta kepada Allah, bukan sekedar hamba yang datang kala butuh saja, sholat jika sedang merasa sulit saja dan takkala kita sedang bahagia dengan entengnya kita meninggal sholat, seakan kita tenggah lupa kepada sang pencipta, kita seakan lupa bahwa kebahagiaan, kesenangan, dan keberuntungan yang selama ini kita dapat berasal dari Allah swt.

Nah, selain kita harus menunaikan dan menjalankan kewajiban kita sebagai hamba yang beriman kita harus melapisi lagi keimanan kita dengan melakukan sunnah sunnah yang telah Rasulullah ajarkan, seperti sholat dua rakaat sebelum subuh atau biasanya disebut dengan sholat fajar karena telah kita ketahui bahwa melaksanakan sholat dua rakaat sebelum subuh itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya.

Atau amalan sunnah sholat dhuha misalnya, karena sejatinya  orang yang mengerjakan sholat dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).Dan sesunguhnya pahala orang yang melakukan sholat dhuha seperti orang yang sedang berhaji dan hajinya diterima disisi Allah.

Sunnah sunnah yang telah Rasullah ajarkan kepada kaumnya sangatlah banyak dan pastinya memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu kita sebagai hamba yang beriman harus bisa menunaikan sunnah sunnah tersebut dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga kita semua selalu dan akan terus menjadi hamba yang mencintai Allah dan Rasulullah dan hamba yang dicintai Allah dan Rasulullah.*


latestnews

View Full Version