View Full Version
Sabtu, 06 Nov 2021

Aku Mau Kemana?

 

Oleh:

Siti Hajar, M.Sos

 

DUNIA medsos kembali dihebohkan  kabar duka cita meninggalnya artis tanah air  Indonesia Vannessa dan suaminya yang biasa akrab dipanggil Bibi.

Berdasarkan dari Liputan6.com, /2021). Vanessa dan sang suami, Bibi alias Febri Andriansyah tewas akibat kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk, Jawa Timur.

Vanessa Angel meninggal di usia 29 tahun. Sang anak, Gala Sky Andriansyah dan dua orang dewasa dalam mobil yang mengalami luka dilarikan ke RSUD Kertosono, Jawa Timur.

Perempuan berkulit sawo matang ini dikenal sebagai aktris dan penyanyi. Berikut profil Vanessa Angel dirangkum Showbiz Liputan6.com, Kamis (04/11/2021).

Sebelum terjadinya insident kecelakaan Artis Vannesa mengunggah video singkat yang perlihatkan pemandangan di jalan tol.

Video tersebut diunggah dengan tulisan "ada yang bisa tebak aku mau kemana?". Vanessa juga sempat mengunggah videonya sedang tersenyum sambil memperlihatkan penumpang lainnya di dalam mobil, seorang perempuan berkerudung dan anak kecil (jateng.inews.id).

Kadang kita merasa bahwa kematian adalah sebuah hal yang tabu, biasa saja.  Menganggap dunia ini adalah tempat kita tinggal selamanya.

Ada juga sebagian golongan orang sadar bahwa kematian itu pasti akan datang kepadanya.

Namun dengan berkata sombong, mumpung masih  muda kita puas-puaskan berbuat maksiat,  gampang kalau sudah tua kita tinggal bertobat.

Mumpung masih sehat berfoya-foya, jika sudah sakit  baru beribadah.   Hidup ya harus dibawa apa maunya enak menurut hawa nafsu kita.

Sungguh betapa kejinya ucapan ini. Apakah dia tau kalau umurnya akan panjang? Kalau seandainya dia ditakdirkan umurnya panjang, apa ada jaminan dia akan sadar? Atau justru akan bertambah kesesatannya?

Kehidupan dunia ini bagaikan bayangan yang akan hilang. Ia begitu mirip dengan tetumbuhan hijau yang cepat mengering, juga seperti bunga-bunga tidur yang terlihat nyata.

Namun, ketika ia telah terbangun, spontan dia akan menyadari bahwa semua (impian dunia) ini hanyalah khayalan belaka.

Kita seharusnya bercermin diri, mengambil hikmah seorang artis tadi bersama suaminya mati mendadak kecelakaan tunggal.

Jika ditanya keadaan mereka sebelum kecelakaan, mereka sangat bugar sekali, bahkan mereka sempat membagikan moment bahagia mereka lewat instagram yang mereka miliki. Kemudian jika ditanya umurnya, masih terbilang muda.

Justru dengan kejadian seperti ini kita sadar posisi kita di dunia ini hanya sebuah perjalanan hidup.

Yaitu pertanyan mendasardalam hidup ini. Aku mau kemana setelah kehidupan dunia ini?

Ke Kampung Akhirat

Maka jawabannya adalah bahwa kita akan mati meninggalkan dunia yang fana ini menuju akhirat.

Akhirat merupakan tempat kekal kita selama-lamanya yang wajib diimani bagi seorang yang berpredikat Islam.

Namun sebelum kematian itu datang menghampiri kita diwajibkan untuk menyiapkan bekal.

 Sebaik-baik bekal untuk perjalanan ke akhirat adalah takwa, yang berarti “menjadikan pelindung antara diri seorang hamba dengan siksaan dan kemurkaan Allah yang dikhawatirkan akan menimpanya, yaitu (dengan) melakukan ketaatan dan menjauhi perbuatan maksiat kepada-Nya.” (Ucapan Imam Ibnu Rajab dalam kitab Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam (hal. 196).*


latestnews

View Full Version