View Full Version
Selasa, 11 Jul 2017

Manfaat Makanan Sehat Bergizi

Sahabat VOA-Islam...

Tak dapat dipungkiri, sangat sulit untuk menentukan apa sih pengertian makanan sehat bergizi yang paling tepat. Pasalnya, dalam berbagai referensi cetak maupun online, pengertian makanan sehat ternyata begitu banyak dan sampai membuat bingung. Tapi satu hal yang pasti, ketersediaan dan kebutuhan akan makanan sehat memiliki peran yang sangat krusial bagi kesehatan manusia.

Dilihat dari aspek bobot tubuh, pengertian makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higienis akan bisa membuat bobot tubuh anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

 

Makanan yang Sehat Baik Buat Tubuh Kita

Selebihnya, makanan sehat bergizi juga tidak memicu penambahan kadar kolesterol di dalam tubuh, atau kadar gula darah. Lebih dari itu, makanan sehat membuat kadar asam urat, gula, lemak, dan asam urat, dalam kondisi stabil dan baik.

Makanan sehat bergizi sama sekali tidak akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh, bahkan mengondisikan tekanan darah selalu dalam posisi stabil. Sedangkan dalam pandangan para ahli, pengertian makanan sehat adalah bahan pangan yang menyehatkan dalam arti sebenarnya, dimana lidah kita juga mampu menikmati rasa makanan tersebut secara maksimal.

Makanan sehat bergizi dalam tataran ideal atau seimbang, wajib terdiri dari bahan pangan utama dan bahan pangan penunjang. Komposisi makanan seimbang ini sangat populer dengan sebutan makanan empat sehat, lima sempurna. Namun, karena berbagai hal, popularitas istilah empat sehat lima sempurna kian hari kian surut.

Mengkonsumsi makanan berlauk tahu-tempe plus sekerat daging dan sayuran, sebetulnya belumlah cukup untuk memasok nutrisi dan gizi bagi tubuh. Padahal, banyak orang yang beranggapan komposisi menu tadi telah memenuhi kebutuhan protein maupun kalori tubuhnya.

Hanya, bisa jadi, dalam komposisi menu makanan tadi belum mencakup semua kebutuhan nutrisi lainnya bagi tubuh. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version