View Full Version
Rabu, 18 Sep 2019

Makanan Kaya Zat Besi dapat Membatalkan Manfaat Antikanker Tomat

OHIO (voa-islam.com) - Penelitian terbaru menemukan bahwa zat besi bisa mengurangi penyerapan likopen. Lycopene adalah karotenoid penuh antioksidan yang ada dalam tomat.

Tomat sendiri menawarkan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari melindungi terhadap kanker dan hipertensi hingga menjaga kesehatan jantung, kulit, dan mata kita.

Mengenai kanker, penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara likopen - yang merupakan senyawa tanaman dalam tomat - dan risiko yang lebih rendah dari kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru.

Meskipun mengkonsumsi makanan kaya likopen baik untuk kesehatan, nutrisi lain yang kami gabungkan dengan mereka dapat membantu atau menghambat sifat melawan kanker mereka.

Sebagai contoh, sebuah penelitian kecil terbaru sekarang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan zat besi dapat mengurangi separuh manfaat likopen.

Rachel Kopec, seorang asisten profesor nutrisi manusia di Ohio State University di Columbus, adalah penulis utama studi baru ini. Temuan ini muncul dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

Mengapa kita hanya mendapat setengah likopen?

Kopec dan koleganya berangkat untuk memeriksa pembentukan dan penyerapan metabolit likopen pada tujuh pria yang mengonsumsi makanan uji, baik dengan maupun tanpa zat besi. Makanan uji terdiri dari shake dengan ekstrak tomat.

Para peserta minum shake baik dengan zat besi sebagai suplemen zat besi atau tanpa sulfat. Para peneliti menganalisis darah dan cairan pencernaan para partisipan.

"Ketika orang-orang makan zat besi dengan makanan mereka, kami melihat hampir dua kali lipat dalam penyerapan likopen dari waktu ke waktu," jelas Kopec.

"Ini bisa memiliki implikasi potensial setiap kali seseorang mengonsumsi sesuatu yang kaya likopen dan zat besi - katakanlah saus Bolognese, atau sereal yang diperkaya zat besi dengan sisi jus tomat. Anda mungkin hanya mendapatkan setengah lycopene dari ini sebanyak yang Anda dapatkan."


latestnews

View Full Version