View Full Version
Jum'at, 20 Dec 2019

Pengusaha Saudi Ciptakan Perangkat Pintar untuk Lawan Krisis Opioid

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang pengusaha Arab Saudi berusia 24 tahun telah menciptakan dispenser pil pintar untuk membantu menyelamatkan nyawa di tengah krisis opioid yang sedang berlangsung yang telah menghantam AS dan berbagai negara selama 10 tahun terakhir.

Yossuf Albanawi bekerja paruh waktu di pusat rehabilitasi, selain sebagai seorang mahasiswa di Wake Forest University di AS, di mana ia terkena epidemi opioid.

"Saya perhatikan bahwa begitu banyak orang yang dirawat karena kecanduan memiliki masalah opioid," kata Albanawi dalam wawancara dengan Al Arabiya English.

Melihat kecanduan secara langsung, serta menyadari tingginya jumlah kematian terkait narkoba setiap tahun, Albanawi merancang "Pilleve," perangkat inovatif untuk membantu menghentikan peningkatan jumlah ini.

Pilleve dirancang untuk mencegah penggunaan pil yang tidak sah dengan melacak penggunaan opioid secara real time dan melaporkan data kembali ke dokter dengan secara otomatis mengintegrasikan informasi tersebut ke dalam catatan kesehatan elektronik pasien. Ini membantu mengidentifikasi apakah pasien menyalahgunakan obat resep. Jika ya, dokter mereka dapat melakukan intervensi sebelum menjadi masalah.

Dokter dapat meresepkan dispenser dengan obat-obatan. Perangkat ini dijamin dengan berbagai opsi otentikasi - pengguna dapat menggunakan biometrik seperti Identifikasi wajah, sidik jari atau kode untuk mengakses aplikasi ponsel yang digunakan untuk mengeluarkan obat.

Data itu, termasuk berapa kali dikeluarkan dan tingkat nyeri dicatat oleh pasien, dilacak setiap kali pil diberikan.

Albanawi mengatakan bisa melacak tanda-tanda awal kecanduan tidak hanya menyelamatkan nyawa, tetapi juga menghemat uang dalam perawatan kesehatan dalam jangka panjang.

Perkiraan biaya perawatan kesehatan yang terkait dengan kecanduan opioid, termasuk opioid yang ditentukan, adalah $ 60,4 miliar pada tahun 2018, menurut Society of Actuaries.

"[Dengan melacak tanda-tanda awal kecanduan] kita dapat menghemat banyak dolar perawatan kesehatan," katanya. "Lebih penting lagi, kita bisa menyelamatkan hidup."

Lebih dari 700.000 orang di AS meninggal akibat overdosis obat antara 1999 dan 2017, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

Opioid telah terlibat dalam hampir 68 persen kematian akibat overdosis di AS, menjadikan opioid pendorong utama kematian terkait overdosis obat. (Aby)


latestnews

View Full Version