View Full Version
Jum'at, 14 Feb 2014

Abu Gunung Kelud di Magetan

MAGETAN (voa Islam) - Abu dari letusan gunung Kelud di Kediri berimbas juga ke Magetan. Jalan utama di kota ini tertutup tebalnya abu. Sehingga, jarak penglihatan pengguna jalan terbatas hingga satu meter saja. Sampai berita ini di turunkan hujan abu belum juga berhenti bahkan semakin deras. Instansi-instansi pendidikan di kota ini diliburkan.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh guru bahasa inggris MIN Tawan magetan, Laili I., S. Pd., “Ya.. semua sekolah- sekolah diliburkan hari ini, saya juga sekarang di rumah. ” Banyak pelajar yang terlanjur sekolah akhirnya kembali pulang karena kebijakan ini. Gedung-gedung sekolah terlihat lengang. Hanya ada beberapa orang yang berusaha membersihkan lapangan sekolah Meskipun begitu, masih tampak beberapa kendaraan yang keluar masuk di kantor Bupati Magetan.

... Walaupun libur mereka tepat hari ini (Jum’at), rutinitas tasmi’ jama’ah tetap berjalan. Hanya saja, mereka mempunyai tugas special hari ini yaitu membersihkan pelataran pondok mereka yang terkena imbas hujan abu ...

Sedangkan masyarakat, umumnya lebih memilih untuk tidak keluar selama hujan abu ini berlangsung. Suasana Alun-alun Magetan yang selalu ramai juga berubah. Tidak ada satupun pedagang yang mangkal disana. Toko-toko disekitar alun alun juga memilih untuk tutup. Padahal biasanya mereka sudah mulai buka sejak pukul 07.00 pagi.

Hal ini juga dirasakan beberapa pondok di sekitar Magetan, seperti Ponpes Al-Muslimun dan Ma’had Aly Fatimah Az-Zahra. Suasana sekitar pondok yang tadinya hijau, berubah menjadi abu-abu. Atap kedua pondok itupun diliputi debu yang semakin menebal. Mini market MM milik ponpes Al Muslimun pun terpaksa diliburkan. Namun begitu, para santri tetap melanjutkan aktivitas seperti biasanya. Walaupun libur mereka tepat hari ini (Jum’at), rutinitas tasmi’ jama’ah tetap berjalan. Hanya saja, mereka mempunyai tugas special hari ini yaitu membersihkan pelataran pondok mereka yang terkena imbas hujan abu.(Zahro QA/Abu Fatih/voa Islam)

Jalanan Penuh Debu di Magetan

 

Sarana Masyarakat yang Tertutup Debu

PP Al Muslimin Plaosan Magetan yang juga Terimbas Debu Gunung Kelud

Ma'had Aly Fatimah Az Zahra yang Juga Terkena Debu Gunung Kelud

 


latestnews

View Full Version