View Full Version
Jum'at, 22 May 2020

MUI Ajak Umat Bertakbir Live di Medsos

JAKARTA (voa-islam.com)--Majelis Ulama Indonesia mengajak seluruh umat Islam di Indonesia membanjiri media sosial pada malam Idul Fitri  dengan live takbiran bertagar #SemestaBert ITakbir. Ketua Komisi Dakwah MUI, KH. Cholil Nafis memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan menghidupkan malam Idul Fitri dengan video takbir, tahmid, dan tasbih melalui media sosial masing-masing. Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk mengajak umat tetap berada di rumah di tengah wabah Covid-19 ini.  

“Yang punya media sosial, yang punya sarana untuk mensyiarkan takbir sejagad raya ini, ayo kita laksanakan dengan hastag SemestaBertakbir,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI ini, Jumat (22/05) melalui keterangan tertulis. 

Dikatakannya, Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir, tahmid, dan tasbih, maka Allah SWT akan mengidupkan hati orang tersebut.

Selain video takbiran yang menyertakan hastag #SemestaBertakbir,  kegiatan yang dimulai pukul 19.30 sampai dengan 20.30 pada tanggal 01 Syawal itu juga akan diisi dengan takbir bersama MUI melalui live streaming di TV MUI dan media sosial. 

“Kami berharap semua jamaah bisa mengumandangkan takbir, tahmid dan tasbih dimanapun berada di jagad raya ini untuk menghidupkan malam Idul Fitri mengikuti sunnah Rasulullah SAW,” katanya. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI Pusat ini menambahkan,  sekalipun masih di tengah pandemi wabah Covid-19, namun umat muslim harus tetap bersuka cita. 

“Kita rayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan dan kebanggaan karena kita sudah melewati ujian dan latihan di bulan Ramadhan. Dengan penuh keterbatasan saat pandemi Covid-19, jangan surutkan kebahagiaan dan kesenangan karena kita telah melewati bulan Ramadhan dan kembali pada kefitrahan kita,” katanya. 

Sementara itu, inisiator kegiatan ini yang sekaligus Wakil Ketua Komisi Infokom MUI Pusat, Thobib Al Asyhar, menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tiga tujuan. Pertama adalah untuk syiar Islam di dunia maya, kemudian dukungan #StayatHome, dan ketiga membuat topik ini menjadi trending topic di dunia maya. Takbir yang dilaksanakan oleh MUI ini, kata dia, akan diikuti oleh pengurus MUI seluruh Indonesia secara virtual. 

“Kami juga mengimbau Masjid dan mushalla seluruh nusantara untuk melaksanakan takbir melalui speaker dan streaming live melalui akun official medsos atau individu pengurus DKM,” katanya. 

“Kami juga mengajak seluruh Ormas Islam, lembaga pendidikan, Majelis Taklim, dan seluruh umat Islam dimanapun berada untuk bertakbir bersama keluarga masing-masing dengan live melalui akun medsos masing-masing,” paparnya.*[Ril/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version