View Full Version
Jum'at, 06 Sep 2019

Taliban Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Kota Farah di Barat Afghanistan

FARAH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban melancarkan serangan pada hari Jum'at (6/9/2019) terhadap sebuah kota penting di Afghanistan barat, kata para pejabat, yang terbaru dalam gelombang serangan ketika AS mendorong kesepakatan yang akan memungkinkannya untuk mulai menarik pasukan.

Lusinan pejuang Taliban menyerang kota Farah, ibukota provinsi Farah, pada dini hari dan merebut pusat rekrutmen tentara Afghanistan, Farooq Barakzai, juru bicara gubernur provinsi Farah, kepada AFP.

Sementara itu juru bicara Taliban Qari Yousuf Ahmadi mengatakan "operasi besar-besaran" sedang berlangsung di provinsi itu.

Daerah terpencil yang berbatasan dengan Iran itu telah menjadi tempat pertempuran sengit dalam beberapa tahun terakhir, dan telah lama ada kekhawatiran bahwa ibukotanya rentan.

Juru bicara kementerian dalam negeri Nasrat Rahimi sesumbar Taliban telah menderita "pukulan berat" dan akan "dihilangkan segera".

Pada Mei tahun lalu, Taliban melakukan upaya besar untuk merebut kota Farah tetapi akhirnya didorong kembali oleh pasukan Afghanistan dan AS.

Taliban telah meningkatkan operasi dalam beberapa hari terakhir bahkan ketika mereka bernegosiasi dengan Washington untuk kesepakatan yang akan melihat AS menarik pasukan dari Afghanistan dengan imbalan berbagai jaminan keamanan.

Pada hari Sabtu, kelompok itu berusaha merebut ibukota provinsi Kunduz di utara dan pertempuran sporadis berlanjut di pinggiran kota sepanjang minggu.

Dan pada hari Minggu, mereka meluncurkan operasi di kota Pul-e Khumri, ibukota provinsi tetangga, Baghlan.

Ibukota Kabul juga diguncang oleh pemboman back-to-back minggu ini yang telah menewaskan puluhan orang. (st/TNA)


latestnews

View Full Version