View Full Version
Senin, 20 Apr 2020

Taliban Tewaskan 19 Pasukan Pro-Pemerintah Afghan dalam Serangan malam di Provinsi Takhar

TAKHAR, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Setidaknya 19 pasukan pro-pemerintah tewas oleh Taliban dalam serangan malam di provinsi Takhar, Afghanistan utara, kata para pejabat, Senin (20/4/2020).

Pejuang Taliban menyerang pasukan lokal yang beroperasi di bawah komando Tentara Nasional Afghanistan di distrik Khwaja Ghar Takhar dari beberapa arah pada tengah malam pukul 19:30 waktu setempat pada hari Ahad, kata kepala distrik Mohammad Omar kepada German Press Agency (DPA).

Pertempuran berlanjut sampai dini hari, menyebabkan lima orang lainnya terluka, Omar menambahkan.

Juru bicara gubernur provinsi Jawad Hijri mengkonfirmasi leporan itu, mengatakan bahwa pasukan baru telah dikirim dan situasinya "di bawah kendali."

Namun, kepala distrik menyatakan keprihatinan bahwa pasukan Taliban masih dekat.

"Ada kemungkinan distrik itu akan jatuh setiap saat," kata Omar melalui telepon.

Selama akhir pekan, hampir 20 pasukan pemerintah tewas dalam serangan di beberapa provinsi.

Taliban secara historis mengumumkan ofensif musim semi mereka sekitar tahun ini. Namun, sejauh ini belum ada pernyataan resmi oleh kelompok tersebut.

Taliban menandatangani kesepakatan dengan Amerika Serikat pada akhir Februari yang dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pertukaran tahanan - yang sudah dimulai - dan kemungkinan pembicaraan damai di antara warga Afghanistan. Menurut kesepakatan itu, semua pasukan internasional akan ditarik dari Afghanistan dalam 14 bulan dengan imbalan jaminan keamanan Taliban. (TDS)


latestnews

View Full Version