View Full Version
Senin, 24 Jun 2019

Puasa 6 Hari Syawal Harus Berturut-turut?

Soal:

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Pak Ustadz.. mohon pencerahannya.. apakah betul kalau puasa syawal harus 6 hari berturut2? Bagaimana kalau di tengah-tengah puasa syawal (baru 2 hari) lalu orang tersebut haid atau sakit?

0813-1332-****

 

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah Wabarakatuh … Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah dan keluarganya.

Disunnahkan berpuasa enam hari di bulan syawal setelah selesai melaksanakan shiyam Ramadhan. Keutamaannya seperti berpuasa setahun penuh. Karena amal dalam Islam dilipatgandakan 10 kali. Ramadhan senilai sepuluh bulan, sedangkan enam hari senilai dua bulan. Demikian penjelasan Imam al-Nawawi rahimahullah.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam  bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

"Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, dia seperti berpuasa setahun penuh." (HR. Muslim dan lainnya)

Keutamaan shiyam ini berkaitan dengan waktu, yakni bulan Syawal. Siapa yang melaksanakan shiyam 6 hari di Syawal -setelah melaksanakan shiyam Ramadhan- maka ia mendapatkan keutamaan ini.

Pokoknya adalah 6 hari di Syawal. Boleh dikerjakan berturut-turut. Boleh pula dikerjakan secara terpisah-pisah. Yang penting masih di bulan Syawal.

[Baca: Kamis 2 Syawal Sudah Boleh Memulai Puasa 6 Hari Syawal]

Jika seorang muslimah baru melaksanakan shiyam 2 hari lalu haid, maka ia lanjutkan setelah suci. Selama masih di Syawal.

Jika saat haidnya selesai dan syawal sudah habis maka habis kesempatannya melaksanakan puasa 6 hari Syawal ini. Ia tidak harus mengadha’nya di Dzulqa’dah. Beberapa hari puasa yang telah dilaksanakannya telah sah sebagai ibadah. Semoga ia tetap mendapatkan pahalanya dengan sempurna karena terhalangi udzur syar’i. Sebagaimana penjelasan Syaikh Bin Bazz  di Fatawanya. Wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab: Ust. Badrul Tamam

* Kirimkan tulisan atau pertanyaan ke [email protected] atau 087781227881 (SMS/WA)


latestnews

View Full Version