View Full Version
Kamis, 25 Jun 2020

Air Masuk Telinga saat Mandi Besar, Mandinya Sah?

Soal:

Asalamu ‘Alaikum,,, Saya membasuh telinga saya saat mandi junub lalu air itu masuk ke dalam telinga saya, sampai selesai mandi junub air ditelinga bekas mandi junub tadi masih ada dan lalu saya wudhu untuk sholat... Sholat saya sah pak?  Mohon dijawab pak.

08965069****

Jawab:

Wa’alaikumus Salam Warahmatullah,, Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah dan keluarganya.

Masuknya air ke dalam telinga bukan penghalang sahnya mandi janabat. Juga bukan sebagai pembatal mandi besar. Telinga bagian dalam bukan bagian tubuh yang wajib untuk dialirkan air (dibasuh). Cukup bagian luar telinga yang terkena basuhan.

Masuknya air ke dalam telinga sehingga mengganggu adalah bagian musibah yang tak diinginkan. Kejadian itu menyiksa dan membuat tidak nyaman. Seyogyanya segera dikeluarkan dari dalam telinga agar lebih nyaman.

Ketika Anda selesai dari mandi janabat maka tidak perlu lagi berwudhu’ ketika akan shalat. Bersuci dengan mandi janabat sudah menyucikan diri dari hadats besar dan kecil. Kecuali Anda berhadats kecil setelah selesai mandi, makan harus berwudhu’ lagi.

Kesimpulan, mandi Anda sah selama terpenuhi rukunnya. Yaitu niat dan terbasuhi seluruh anggota tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Syarat suci dari hadats besar untuk sahnya shalat sudah terpenuhi. Karenanya jangan ragu lagi tentang sahnya mandi besar Anda karena kejadian itu. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab: Badrul Tamam

* Kirimkan artikel atau tulisan ke [email protected] / 087781227881 (SMS/WA)


latestnews

View Full Version