View Full Version
Rabu, 29 Dec 2021

Hukum Memiliki Jin Khodam?

Soal:

‘Assalamual ‘Aikum Ustadz, izin bertanya, Apa hukumnya memiliki khodam?

0881-0249-****

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah Wabarakatuh..

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah dan keluarganya.

Khodam berasal dari kata khadim yang memiliki arti pembantu. Sedangkan khodam dari jin, maknanya pembantu seseorang dari bangsa jin. Dan jin khodam berarti jin pembantu.

Memiliki khodam (pembantu) dari jin adalah haram. Biasanya ada syarat yang harus dipenuih untuk jin menjadi khodam seseorang.

Manusia mendapat keuntungan dengan bantuan jin. Sementara jin mendapat pengabdian dari manusia berupa sesajen, atau syarat lainnya. Ini bagian dari syirik.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُم مِّنَ الْإِنسِ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُم مِّنَ الْإِنسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا ۚ قَالَ النَّارُ مَثْوَاكُمْ خَالِدِينَ فِيهَا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ

Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya -yaitu Jin dan manusia- (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia", lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami." Allah berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)." Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-An’am: 128)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan ayat di atas bahwa golongan jin telah banyak menyesatkan manusia. Dahulu di dunia, manusia dan jin saling berkongsi dan saling memanfaatkan. Manusia mendapat bantuan dan perlindungan dari bangsa jin. Sedangkan jin mendapat perlakuan istimewa berupa ta’dzim (pengagungan) dan penyembahan dari bangsa manusia saat manusia meminta bantuan kepada jin. Inilah sebab sehingga mereka dimasukkan ke neraka kekal abadi di dalamnya. Wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab oleh Ust. Badrul Tamam

* Kirimkan tulisan atau pertanyaan ke [email protected] / 087781227881 (SMS/WA)


latestnews

View Full Version