View Full Version
Rabu, 27 May 2020

Gunakan Beragam Platform Media, Persistri Jabar Tetap Dakwah Selama Pandemi

BANDUNG (voa-islam.com) - Ramadan 1441 H/2020 M memang agak sedikit berbeda, karena mesti dijalani di tengah pandemi virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19).

Meski dunia tengah dilanda wabah dan berdampak kepada ekonomi, budaya, pendidikan dan bahkan aktivitas dakwah, para da’iyah PW Persistri Jawa Barat yang dalam hal ini Bidang Dakwah PW. Persistri Jawa Barat tetap melaksanakan aktifitas dakwahnya dengan kajian-kajian yang dilakukan melalui media televisi maupun media sosial.

“Selama bulan Ramadhan ini, kajian yang dilakukan sangat beragam. Mulai dari sajian ceramah, diskusi dan juga talkshow. Pembicara yang mengisi kajian-kajian tersebut pun sangat beragam dan lintas profesi," kaya Ketua Bidang Garapan Pengembangan Dakwah PW Persistri Jawa Barat, Imas Karyamah, M.Pd.

Imas mengatakan bahwa dakwah harus terus berkembang walau masa pandemic Covid19. Setidaknya dalam 5 hal, yaitu konsep pengembangan 5 M: pertama Pengembangan Muballighat, kedua Pengembangan Mustami', ketiga Pengembangan Materi, keempat, Pengembangan Metode Dan yang terakhir Pengembangan Media.

“Semua pengembangan ini harus berjalan beriringan agar pengembangan dakwah digarap secara profesional di wilayah kerjanya,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Voa Islam belum lama ini.

Sejak awal, menurut Imas, Kabidgar Pengembangan Dakwah, bekerjasam dengan Sumber Daya Dakwah dibawah koordinasi Wakil Ketua III Bidang Dakwah, Hj. Enung Nurjanah terus berupaya untuk meningkatkan kuantitas juga kualitas dakwah, termasuk dengan beberapa bidang yang lainnya.

Lebih lanjut Ia menerangkan, salah satu yang digarap serius adalah dakwah dengan menggunakan berbagai media, termasuk Persis Tv dan Ar Risalah Tv, juga Aplikasi UMMA Indonesia, secara online.

“Propgram ini secara resmi disahkan serta didukung dalam musyawarah kerja PW Persistri Jawa Barat di RM Sukahati Cipacing beberapa bulan lalu jauh sebelum pandemi covid-19,” jelas Imas.

Menurut Imas program ini terus bergulir karena didukung pula oleh Ketua PW Persistri Jawa Barat, Hj. Ella Kamilawatie, S.Pd.I. karena dia juga sebagai salah seorang daiyah.

“Agenda ini menghadirkan beberapa orang da'iyah, para bintang tamu dalam dan luar negeri, dan diakhiri dengan Bu Cinta, Ataalia Praratya, isteri Gubernur Jawa Barat dalam tema 'Makna Shilaturahim Di Hari Lebaran', yang dikemas dalam bentuk talk show, Inspirasi Muslimah Kerjasama PW Persistri Jawa Barat dengan Ar Risalah Tv,” tuturnya. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version