View Full Version
Senin, 27 Dec 2021

Salimah Luncurkan Sekolah Pranikah dalam Gebyar Hari Ibu

JAKARTA (voa-islam.com)--Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (Salimah) meluncurkan program Sekolah Pranikah Salimah (SERASI) pada Ahad (26/12). Acara yang dilaksanakan secara daring dihadiri oleh ratusan pengurus Salimah dan disaksikan oleh Kepala BKKBN, praktisi parenting, dan artis.

Peluncuran SERASI mengangkat tema "Melalui Sekolah Pranikah Salimah, Siapkan Ketahanan Keluarga Menuju Keluarga Berkualitas." Ini merupakan upaya Salimah dalam meningkatkan kualitas keluarga Indonesia dengan melaksanakan perintah Allah dalam surat Annisa ayat 1.

Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati menyebutkan, program SERASI akan membantu mereka yang sedang mempersiapkan pernikahan dengan beragam materi dan kurikulum yang telah disiapkan oleh tim departemen pendidikan dan pelatihan.

"Kata taqwa disebutkan dua kali dalam satu ayat tentang pernikahan. Ini menunjukkan perintah Allah yang sangat penting sebagai landasan pernikahan sejak awal, pertengahan, hingga akhir proses pernikahan. Untuk itu, Salimah berupaya membantu keluarga mempersiapkan putra-putrinya yang sudah siap menikah dengan beragam materi dan kurikulum pranikah sesuai tuntunan Allah," ujarnya.

Ia berharap, pengurus Salimah seluruh Indonesia dan Taiwan dapat membangun komunikasi efektif dengan masyarakat dan pemerintah sehingga program yang dijalankan dapat disinergikan. Salimah diharapkan menjadi motor penggerak bagi organisasi perempuan lainnya untuk sama-sama berperan aktif bagi peningkatan kualitas hidup perempuan, anak, dan keluarga Indonesia.

Sejalan dengan itu, profesional dan praktisi ekonomi syariah Pegadaian Syariah Pusat, Hendratmo, menyampaikan bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari peran keluarga yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjadikan keluarganya sakinah, mawaddah, warahmah.

"Pegadaian Syariah yang merupakan milik seluruh masyarakat ingin berpartisipasi bersama Salimah dalam menciptakan pasangan-pasangan yang saling membawa ketenangan dan keindahan satu sama lain. Mudah-mudahan program ini bergulir juga di seluruh daerah di Indonesia. Pegadaian Syariah siap membersamai Salimah mulai dari Aceh hingga Sorong," tuturnya.

Di sesi lain, Ketua Departemen Diklat PP Salimah, Rusmiyati, menjelaskan bahwa SERASI sudah berjalan di beberapa wilayah. Peluncuran kali ini dilaksanakan untuk menyatukan langkah sehingga terbentuk keseragaman konsep tentang SERASI di seluruh level struktur Salimah.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga siang menampilkan narasumber yang terkait dengan pendidikan pranikah, yaitu Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, praktisi parenting Ayah Irwan, artis Cholidi, Ketua 1 PP Salimah Sinta Santi, Ketua Depdiklat PP Salimah Rusmiyati, dan Tim Fasilitator SERASI Retno Wijayanti.*[Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version