View Full Version
Ahad, 15 Sep 2019

Kisah Pilot Ditolak Halus Tiga Kali Anies Baswedan

JAKARTA (voa-islam.com)—Purbo Laksito,  pilot sebuah maskapai penerbangan menceritakan kisah pribadinya bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sebuah penerbangan. Ia mengungkapkan kekagumannya atas kesederhanaan, kewibawaan, dan keramahan Anies.

Kejadianya pada Ahad, 1 September 2019 lalu. Ketika itu Purbo bertugas dalam penerbangan dari Halim Jakarta menuju Solo, Jawa Tengah.

“Di saat proses boarding tiba-tiba staf kami menyampaikan kabar bahwa nanti ada penumpang VIP DKI 1. Yang biasanya kita diinfo jauh lebih awal supaya ada spesial greeting,” tulis Purbo dalam akun Facebook miliknya yang diposting 13 September 2019.

Purbo menyempatkan diri untuk menyambut Anies di tangga pesawat. Ia mengaku pertama kali bertemu langsung dengan Anies.

"Sempat sedikit membuka obrolan ringan dan minta ijin berselfi. Kesan yang mendalam begitu memandang wajahnya yang begitu energik, santun, smart dan berwibawa. Beliau sempat mendekap pundak saya dan mak jleb serasa dipeluk oleh seorang ayah walau usia kami sepadan,” ungkap Purbo.

Pada penerbangan kali ini Anies duduk di seat row sembilan kelas ekonomi. Karena hari itu pesawat tak begitu penuh oleh penumpang, Purbo menawari Anies pindah ke seat paling depan, namun Anies menolak dengan senyum.

“Begitu memasuki pesawat yang kebetulan tidak begitu penuh dan seat paling depan kosong saya pikir beliau akan duduk di sana ternyata beliau telah memilih seat di row 9 yang merupakan seat ekonomi class. Kami mencoba menawarkan beliau untuk duduk di nomor 1 dan beliau menolaknya dengan penuh santun dan senyum,” ujar Purbo.

Saat pesawat di udara, Purbo menghubungi pramugari untuk mencoba menawarkan kopi atau sarapan kepada Anies. Namun lagi-lagi Anies menolak secara halus.

Setelah satu jam di udara, pesawat tiba di Bandara Adi Sumarmo Solo. Lagi-lagi Purbo menawari Anies untuk turun duluan dari penumpang lainnya. Dan Anies kembali menolak.

“Sesampainya di gate kami pun mempersilahkan beliau untuk turun duluan kembali beliau menolak dengan penuh senyuman. Dan beliau lebih memilih untuk turun dari pesawat yang terakhir dan sempat bercengkrama dengan penumpang juga crew kami,” kata Purbo.

Kesempatan ini tidak disia-siakan Purbo. Purbo mengajak Anies berkunjung ke ruang cockpit dan berbincang-bincang. Karena kebetulan Purbo juga mengelola sekolah, ia pun meminta masukan dari Anies.

Menurut Purbo, ada empat hal yang disampaikan Anies kepada dirinya.

1. Saatnya kita harus banyak belajar dari sekolah nonmuslim yang sudah maju, ambil kebaikanya dengan tetap mempertahankan karakter keislaman kita.

2. Jangan membuat sekolah yang hanya memuaskan keinginan orangtua.

3. Pastikan anak didik kita memiliki karakter islami yang kuat dan memiliki visi masa depan.

4. Sambil pamitan beliau menyempatkan pesan salam hormat untuk para pejuang dakwah pendidikan..

“Selamat bertugas Mr Governor tuk menjaga amanah di DKI sampai tuntas. Dan semoga nanti diberi amanah untuk menjaga NKRI,” kata Purbo mengakhiri tulisannya.

Kisah yang ditulis Purbo ini viral dan di-share hingga ribuan kali.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version