View Full Version
Ahad, 24 Jan 2021

Erick Thohir Dipilih Jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah, Ini Pesan dan Harapan Anis Byarwati

JAKARTA (voa-islam.com)--Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan DPP PKS, Anis Byarwati, menyambut baik terpilihnya Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode bakti 2021-2025.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media, Erick Thohir menggantikan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum MES. Erick dipilih oleh sidang Tim Formatur Munas MES V yang digelar di Jakarta secara virtual pada Sabtu, (23/1) sore.

Secara khusus, Anis menyampaikan selamat kepada Erick Thohir yang akan melaksanakan tugasnya sebagai ketua MES hingga 2025. “Selamat saya ucapkan untuk Bapak Erick Thohir atas amanah yang diberikan oleh Tim Formatur Munas MES V kepada beliau, untuk memimpin MES ke depan,” ucapnya di Jakarta (23/1/2021).

Dalam keterangan yang diberikannya, Doktor Ekonomi Islam ini menyampaikan pesan sekaligus harapannya untuk MES dibawah kepemimpinan Erick. Anis mengatakan bahwa MES harus mampu mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif. Sehingga tidak terjadi lagi dikotomi antara sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil.

“Sudah saatnya sektor keuangan dan perbankan Syariah ditempatkan sejajar dengan sektor riil tanpa ada dikotomi lagi. Daya tahan yang dimiliki sektor keuangan dan perbankan Syariah dalam menghadapi berbagai krisis, menjadi salah satu alasannya. Dan MES diharapkan mampu mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi Syariah yang efektif,” ujarnya.

Anis yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia ekonomi Syariah ini, menambahkan bahwa MES harus menjadi jembatan bagi seluruh stake holder ekonomi syariah, khususnya antara regulator (BI, OJK, LPS, KNEKS) dengan lembaga Pemerintah dan lembaga lainnya.

“Perkembangan ekonomi Syariah akan signifikan jika seluruh stake holder baik regulator maupun pemerintah bekerja secara sinergi. Dan MES bisa menjadi jembatan untuk memadukan semua stake holter tersebut,” katanya.

Dalam catatan selanjutnya, Anis menegaskan bahwa MES bisa bekerja sama dengan BUMN dalam mendorong perkembangan sektor riil khususnya industri syariah/halal, antara lain makanan, minuman, fashion, obat2an dan kosmetik, media, kesehatan dan pariwisata.

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS ini juga berharap agar MES terus meningkatkan peran edukasi dan sosialisasi ekonomi, keuangan dan perbankan kepada publik, agar perkembangan ekonomi syariah semakin cepat.

Juga agar MES bisa terlibat dalam menginisiasi dan memfasilitasi pembahasan regulasi ekononi syariah khususnya dalam mempersiapkan RUU Ekonomi Syariah yang telah masuk dalam prolegnas long list 2019-2024.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version