View Full Version
Kamis, 28 Jan 2021

PKS Desak PLN Tetap Jaga Stabilitas Operasional Meski Harga Batu Bara Naik

 
JAKARTA (voa-islam.com)--Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mendesak PLN untuk menjaga stabilitas operasi ketenagalistrikan bagi masyarakat meskipun harga batu bara internasional naik. Mulyanto menolak kenaikan harga batu bara ini dijadikan alasan bagi PLN untuk melakukan pemadaman listrik secara bergilir hingga Maret 2021.
 
Menurutnya, dalam Rapat Panja Listrik Komisi VII DPR RI dengan Dirjen Gatrik dan Dirut PLN beberapa hari lalu, PLN sama sekali tidak menyampaikan isu dan pembahasan ini.
 
"Kenaikan harga batu bara internasional terdongkrak naik tentu akan diikuti dengan kenaikan HBA (harga batu bara acuan), yang diterbitkan Pemerintah. Dan sudah barang tentu PLN akan mengacu pada HBA. Ini kita pahami bersama.
 
Dengan kenaikan HBA ini apakah langsung berdampak pada pemadanan bergilir? Dari Rapat Panja Listrik tidak tertangkap keluhan PLN seperti itu," jelas Mulyanto. 
 
Mulyanto menyebutkan kebijakan pemadaman listrik bergilir ini biasanya dilakukan karena faktor kekurangan pasokan, perbaikan dan perawatan, serta kalau ada keperluan lain yang mendesak.
 
"Dalam rapat Panja waktu itu PLN tidak menyebut akan melakukan pemadaman listrik bergilir kalau harga batu bara naik. Karena itu kami minta PLN tetap konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jangan sampai isu pemadaman listrik secara bergilir terus berkembang di saat masyarakat masih kesulitan akibat pandemi Covid-19," tegas Mulyanto.
 
Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menetapkan harga batu bara acuan per-Januari 2021 menjadi USD 75,84/ton. HBA Januari 2021 ini naik USD 16,19/ton atau naik 27,14% dibanding harga Desember 2020 yang masih berada di level USD 59,65/ton. 
 
"Kenaikan harga batu bara ini pasti akan mempengaruhi besaran harga dan kapasitas produksi listrik. Namun kami minta kepada PLN untuk melakukan upaya efisiensi agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan normal," tandas Mulyanto.* [Ril/voa-islam.com]

latestnews

View Full Version