View Full Version
Rabu, 16 Jun 2021

Inilah 4 Tips Tetap Berprestasi tanpa Les atau Kursus

 

Siapa sih pelajar yang tak ingin berprestasi? Pasti semua menginginkan mendapat nilai baik dengan jujur dan percaya diri. Biasanya untuk menunjang poin ini, banyak siswa dan siswi yang memilih mengambil les atau kursus. Ada yang datang ke LBB (Lembaga Bimbingan Belajar) dan ada juga yang memanggil guru untuk les privat. 

Tapi gimana dong kalau ternyata kemampuan dana untuk les atau kursus ternyata tipis atau bahkan tak ada? Jangan menyerah! Di bawah ini ada tips sederhana bagi kamu yang entah karena terpaksa atau pilihan, memilih untuk tidak mengambil les atau kursus pelajaran.

  1. Kamu bisa meminjam modul les/kursus dari teman-temanmu yang baik hati, kemudian memfotokopinya. Ini artinya kamu pun harus baik dan ramah agar mudah mereka tak keberatan meminjamkannya padamu.
  2. Rajin mengerjakan tugas. Misalnya hasil ujian kamu nggak istimewa, maka dengan rajin mengerjakan tugas, guru akan memberi poin positif dalam hal ini.
  3. Aktif di dalam kelas. Maksudnya ketika guru menjelaskan, kamu rajin mendengarkan. Ketika guru memberi kesempatan bertanya, kamu selalu punya hal untuk ditanyakan. Ini artinya proses mencerna materi terus berjalan di dalam benakmu sehingga kamu tampil aktif.
  4. Ringan tangan membantu teman. Ingat, selalu ada orang atau teman yang kemampuannya di bawah kamu. Mudah membantu mereka asal tidak saat ujian merupakan prestasi tersendiri. Bisa jadi kamu lemah di mata pelajaran tertentu, tapi temanmu jago di mapel tersebut. Bantuan yang pernah kamu berikan, memudahkan temanmu untuk memberikan bantuan yang serupa pula kepadamu.

Nah, ternyata bisa kan berprestasi meskipun tanpa les dan kursus? Ada banyak teman yang bersedia membantu dan ada banyak guru yang dengan senang hati membimbingmu. Jadi teruslah berprestasi meskipun tanpa les/kursus mata pelajaran apapun! (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version