View Full Version
Jum'at, 28 Nov 2014

Bisa Jadi Solusi Naiknya Harga BBM, Yuk Coba Mesin Pengubah Air jadi BBM Ini

JERMAN (voa-islam.com) - Gizmodo melansir tulisan yang bisa menjadi solusi bagi naiknya harga BBM, Ah masa sih?

Coba saja anda telusuri informasi yang beraal di negeri Hitler, di Jerman sana. Sebuah alat canggih diciptakan oleh perusahaan Jerman bernama Sunfire yang mampu menghasilkan BBM tanpa harus melakukan proses pengeboran terlebih dulu. Sebagai gantinya, mesin tersebut bisa menghasilkan BBM hanya dengan menggunakan bahan utama berupa air.

Mesin tersebut memanfaatkan sebuah proses bernama Fischer-Tropsch. Proses tersebut pun berfungsi untuk mengubah karbon monoksida yang dikombinasikan dengan hidrogen menjadi hidrokarbon cair. Mesin ini pun menggunakan bahan berupa air serta karbon dioksida untuk bisa memperoleh hidrogen serta karbon monoksida.

mesin bbm

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa menghasilkan BBM. Pertama, air harus diuapkan terlebih dulu dan selanjutnya oksigen serta hidrogen dipisahkan dalam sell solid oxide electrolyser. Hidrogen dalam proses ini digunakan untuk mengubah karbon dioksida menjadi karbon monoksida yang selanjutnya dikombinasikan dengan hidrogen dan akhirnya menghasilkan hidrokarbon.

Namun untuk bisa menghasilkan BBM, mesin ini butuh listrik dalam jumlah beasr. Pihak Sunfire pun mengklaim kalau mereka telah berusaha untuk meningkatkan efisiensi power dari mesin tersebut hingga 70 persen. Dan setiap harinya, sebanyak 3,4 ton karbon dioksida bisa diubah menjadi satu barel minyak per hari. [bertek/ad/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version