View Full Version
Kamis, 31 Oct 2019

Pengguna Android, Hapus Segera 42 Aplikasi 'Berbahaya' Ini

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Para pengguna Android disarankan untuk memeriksa ulang smartphone mereka dan mencari 42 aplikasi yang berlabel 'berbahaya', Khaleej Times melaporkan Rabu (30/10/2019).

Menurut laporan di Mirror.co.uk, peneliti dari ESET memperingatkan pengguna Android tentang aplikasi ini yang berisi adware - perangkat lunak yang secara otomatis menampilkan iklan, bahkan ketika aplikasi ditutup.

Karena 42 aplikasi ini sebelumnya tersedia di Google Play Store, dilaporkan mereka telah mengumpulkan delapan juta unduhan. Oleh karena itu, para ahli telah memperingatkan pengguna Android untuk memindai smartphone mereka dan jika satu atau lebih aplikasi ini telah diinstal, mereka harus segera dihapus.

ESET mengungkapkan nama-nama 21 aplikasi dan mengatakan bahwa aplikasi ini menyembunyikan kode mereka di bawah nama paket 'com.google.xxx'. Lukas Stefanko, seorang peneliti di ESET, mengatakan dalam sebuah blog bahwa trik ini - menyamar sebagai bagian dari layanan Google yang sah - dapat membantu menghindari pengawasan. "Beberapa mekanisme pendeteksi dan kotak pasir mungkin memasukkan nama paket seperti itu dalam daftar putih, sebagai upaya untuk mencegah pemborosan sumber daya," jelas Stefanko.

Google sekarang telah menghapus aplikasi ini dari Google Play Store, setelah ESET melaporkan masalah ini.

"Menyelinap fungsionalitas yang tidak diinginkan atau berbahaya ke dalam aplikasi populer dan ramah adalah praktik umum di antara pengembang" buruk ", dan kami berkomitmen untuk melacak aplikasi tersebut. Kami melaporkannya ke Google dan mengambil langkah lain untuk mengganggu kampanye berbahaya yang kami temukan," kata Stefanko .

Berikut ini 21 aplikasi menurut ESET harus diwaspadai.

Smart Gallery

SaveInsta

Mini lite for Facebook

Freed Radio FM Online

Free Video Downloader

Free Social Video Downloader

File Downloader

Water Drink Reminder

Smart Notes for You

DU Recorder

Tank classic

Heroes Jump

Solucionario

Ringtone Maker

Video downloader

Ringtone Maker Pro

Basketball Perfect Shot

HikeTop+

MP4 video downloader

Flat Music Player

Free Top Video Downloader

(KT)


latestnews

View Full Version