View Full Version
Senin, 14 Dec 2020

AS Keluarkan Aturan Sembilan Prinsip Terkait Penggunaan AI

WASHINGTON DC (voa-islam.com) - Pemerintah AS menandatangani perintah eksekutif tentang panduan federal untuk penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang berkaitan dengan pengambilan keputusan pemerintah.

Panduan tersebut mencakup sembilan prinsip tentang rancangan, pengembangan, akuisisi dan penggunaan AI di kalangan pemerintah, untuk 'menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan publik dalam penggunaan AI, juga memastikan penggunaan AI melindungi privasi, hak dan kebebasan sipil', demikian lansir Reuters.

Perintah eksekutif itu menyebutkan penggunaan AI harus 'sah; terarah dan didorong kinerja; akurat, andal dan efektif; aman, terjamin dan tangguh; dapat dipahami; bertanggung jawab dan dapat dilacak; diawasi secara teratur; transparan; serta akuntabel'.

Kantor pemerintahan diminta menyiapkan inventaris penggunaan AI dan melapor ke Gedung Putih untuk mengembangkan peta jalan, berkaitan dengan kebijakan dan administrasi.

Pemerintah AS sebelumnya mengeluarkan panduan federal yang membatasi penggunan AI di sektor swasta agar tidak melampaui batas.

Kantor pemerintahan diminta menggunakan AI untuk mengurangi peraturan yang sudah usang.

Sementara itu, sejumlah negara bagian dan kota di AS mengkhawatirkan penggunaan AI terutama tentang teknologi pengenal wajah di kalangan penegak hukum. [syahid/voa-islam.com]

sumber: inilah.com


latestnews

View Full Version