View Full Version
Senin, 26 Apr 2021

Hasil Riset Terbaru: 'Zoom Fatigue' Lebih Dirasakan oleh Perempuan

SAN FRANCISCO (voa-islam.com) -  Beraktivitas di depan layar komputer dan mengikuti pertemuan virtual sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari selama pandemi COVID-19.

Setahun belakangan ini, pengguna internet mungkin merasakan 'Zoom fatigue', atau kelelahan karena seharian mengikuti konferensi video, menatap layar komputer.

Mengutip Cnet, penelitian terbaru yang dipublikasikan Social Science Research Network menemukan bahwa dampak 'Zoom fatigue' lebih terasa pada perempuan dibandingkan laki-laki.

Tim peneliti melakukan survei pada lebih dari 10.000 orang periode Februari-Maret 2021 untuk melihat tingkat stres atau burnout selama menggunakan konferensi video setahun belakangan.

Hasilnya, secara umum perempuan, nyaris 14 persen, lebih sering merasa 'sangat lelah' setelah mengikuti sesi di Zoom, dibandingkan dengan laki-laki (5,5 persen).

Salah satu alasan utama penyebab kelelahan adalah 'self-focused attention', kewaspadaan mengenai bagaimana penampilan terlihat di kamera.

Responden laki-laki dan perempuan yang mengikuti survei rata-rata memiliki frekuensi pertemuan virtual yang sama setiap hari, namun, sesi yang diikuti perempuan biasanya berdurasi lebih panjang.

Temuan riset tersebut, perempuan lebih sedikit beristirahat di antara jeda pertemuan virtual sehingga lebih mudah merasa lelah.

Peneliti juga menemukan perbedaan tingkat 'Zoom fatigue' berdasarkan kepribadian, ras, dan usia.

Kepribadian ekstrovert lebih sedikit kelelahan setelah mengikuti konferensi video, dibandingkan introvert.

Usia muda yang mengikuti survei mengalami tingkat kelelahan lebih tinggi dibandingkan yang lebih tua. Sementara ras kulit berwarna lebih banyak merasa lelah dibandingkan kulit putih.

Penelitian sebelumnya dari Stanford menyebutkan 'Zoom fatigue' disebabkan antara lain oleh kontak mata yang terlalu lama dan lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk bisa menangkap suasana sosial dalam pertemuan virtual. [syahid/voa-islam.com]

sumber: inilah.com


latestnews

View Full Version