View Full Version
Jum'at, 17 Sep 2021

Berawal dari Penelitian, Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Ini Luncurkan Aplikasi Android

MALANG (voa-islam.com) – Perkuat pendidikan karakter melalui cerita anak, tim dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ciptakan aplikasi bernama Cerita Anak.

Aplikasi ini telah dilaunching pada Kamis (09/09) melalui virtual zoom yang dihadiri oleh perwakilan guru dari delapan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Kabupaten Malang. Adapun aplikasi ini dapat diakses masyarakat umum melalui Play Store.

Ketua tim, Murtyas Galuh Danawati, S.Pd, M.Pd menuturkan lahirnya aplikasi android ini berawal dari penelitian dan pengabdian di SD dan MI Kabupaten Malang. Murtyas menceritakan bahwa penggunaan media pembelajaran secara daring masih sangat terbatas di sekolah-sekolah tersebut. Sementara pandemi mengharuskan para siswa untuk belajar secara daring dari rumah.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa kelas enam SD/MI belum menggunakan media pembelajaran berbasis android sesuai kurikulum yang berlaku. Selain itu, media pembelajaran cerita anak berbasis penguatan pendidikan karakter juga belum ada. Padahal saat ini pemerintah tengah menggalakkan penanaman pendidikan karakter kepada siswa khususnya di sekolah dasar. Oleh karenanya, aplikasi ini berusaha hadir untuk mengisi kekosongan tersebut,” ungkap dosen asal Malang tersebut.

Lebih lanjut, Murtyas mengatakan bahwa untuk mengakses aplikasi tersebut para siswa diwajibkan mendaftarkan diri dengan mengisi beberapa data. Di antaranya nama lengkap, Nomor Induk Siswa (NIS), asal sekolah dan username. Mereka juga diminta untuk membuat password yang akan dipakai serta tanggal lahir.

“Aplikasi ini memuat beberapa menu seperti pre tes, materi, kurikulum, permainan TTS, evaluasi, hasil, dan umpan balik. Selain itu adapula kumpulan cerita anak berbasis penguatan pendidikan karakter meliputi nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas,” jelas Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan itu.

Pada acara launching, salah satu anggota tim Innany Mukhlishina, M.Pd. berkesempatan untuk menjelaskan optimalisasi pembelajaran tematik menggunakan aplikasi android cerita anak. Innany memaparkan bahwa pentingnya penggunaan aplikasi sebagai bagian dari media pembelajaran berbasis teknologi. Utamanya untuk mengoptimalkan pembelajaran tematik di masa pandemi.

Sementara itu, anggota tim yang lain Arinta Rezty Wijayaningputri, S.Pd, M.Pd berkesempatan untuk mengenalkan menu dan fitur-fitur aplikasi android cerita anak kepada para perwakilan sekolah. Arinta membahas lebih dalam terkait isi dari setiap menu dan fitur pada aplikasi yang disesuaikan dengan RPP kelas IV.

Di akhir, tim dosen UMM memberikan arahan dan pendampingan praktik dalam penggunaannya. Perwakilan sekolah dibimbing untuk menggunakan aplikasi mulai dari download aplikasi di playstore hingga mencoba setiap menu dan fitur di dalamnya.

“Saya berharap, melalui aplikasi android cerita anak berbasis PPK ini siswa dan guru dapat mengoptimalkan pembelajaran tematik di masa pandemi. Dengan begitu mereka bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara maksimal. Sehingga siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version