View Full Version
Jum'at, 01 Oct 2021

Tim Robot Megalodon Raih Juara 1 sekaligus Best Strategi SAR 2021

PABELAN (voa-islam.com) – Tim Megalodon yang bersaing dalam Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) berhasil mendapatkan juara 1 dan Best Strategi dalam ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diumumkan Sabtu, (25/09).

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 sudah memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) merupakan transformasi dari Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). KRSRI menekankan pada misi pencarian dan penyelamatan bencana yang umum terjadi di Indonesia.

Tim Megalodon merupakan tim  robot, bimbingan Heru Supriyono yang beranggotakan Wahyu Yuli Aldianto, Aron Widiatmoko, Untung Budi Utomo dan Aldi Yulianto yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta program pendidikan Teknik Elektro.

Ketua Tim Megalodon Wahyu Yuli Aldianto menyampaikan kebahagian serta  kesiapannya untuk berkompetisi pada level selanjutnya pada 12 Oktober 2021 mendatang.

“Sangat senang dan kami siap untuk berlomba di tingkat lanjut,” kata Wahyu seusai pengumuman kemenangan disampaikan dilansir muhammadiyah.or.id.

Prestasi yang diperoleh dalam perlombaan Kontes Robot Indonesia ini sesuai dengan Misi Biro Kemahasiswaan yaitu, Mengembangkan potensi mahasiswa melalui kegiatan ekstra kurikuler agar menjadi sumber daya manusia yang profesional, memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, serta memiliki jiwa wirausaha yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan.

Kepala Biro Kemahasiswan Ahmad Kholid AlGhofari, mengungkapkan bahwa Biro Kemahasiswaan bangga atas pencapaian tim Megalodon UMS yg berhasil menjadi juara 1 sekaligus tim dengan strategi terbaik di ajang KRI divisi Kontes Robot SAR Indonesia hal ini menunjukkan hasil kegiatan dan pengembangan Robot Research berjalan dengan baik.

“Bagmawa UMS sangat bangga dengan pencapaian tim Megalodon. Lomba robot ini  diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” jelas Kholid. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version