View Full Version
Sabtu, 14 Dec 2019

Komunitas Muslim Inggris Suarakan Ketakutan Atas Kemenangan Boris Johnson dalam Pemilu

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Anggota komunitas Muslim Inggris dari seluruh spektrum politik telah menyuarakan ketakutan atas kemenangan pemilu Boris Johnson dan Partai Konservatifnya, yang telah dituduh memiliki masalah pribadi dan sistemik seputar diskriminasi dan kebencian anti-Muslim.

Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris (MCB), Harun Khan, menanggapi hasil pemilihan dengan menyerukan Perdana Menteri sayap kanan itu untuk memimpin dengan persatuan dan meyakinkan umat Islam dari tempat mereka di masyarakat.

"Tuan Johnson memimpin mayoritas, tetapi ada perasaan ketakutan yang jelas di antara komunitas Muslim di seluruh negeri," kata Khan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Jum'at (13/12/2019).

“Kami memasuki periode kampanye pemilu dengan keprihatinan lama tentang kefanatikan dalam politik kami dan partai yang memerintah kami. Sekarang kami khawatir bahwa Islamophobia 'siap-oven' untuk pemerintah, ”tambahnya.

9 kali Partai Konservatif Inggris mengejutkan Islamofobia dan lolos begitu saja

"Tuan Johnson telah dipercayakan dengan kekuatan besar, dan kami berdoa itu dilakukan secara bertanggung jawab untuk semua warga Inggris," katanya, menambahkan bahwa Dewan berharap Johnson tetap setia pada janjinya bahwa ia adalah Konservatif "Satu Bangsa".

Sementara itu komentator Muslim Inggris juga menanggapi hasilnya dengan ketakutan dan cemas.

Jurnalis Mehdi Hassan mentweet bahwa itu adalah "hari gelap" untuk minoritas di Inggris, "terutama bagi Muslim Inggris yang telah menyaksikan seorang pria yang mengatakan 'Islamlah masalahnya,' mengejek wanita Muslim berjilbab, & juga menutup mata terhadap kebencian anti Muslim besar-besaran di partainya, baru saja diberikan suara mayoritas oleh sesama warga Inggris. ”

Miqdad Versi, juru bicara media MCB mengatakan: "Jika Islamofobia dianggap serius di negara ini, kita tidak akan berada di tempat kita sekarang."

"Ketakutan yang jelas dari komunitas Muslim seharusnya tidak disingkirkan dari pelaporan hari ini," tambahnya.

Akademisi Inggris H. A. Hellyer mentweet ketika hasil awal muncul pada hari Kamis: "Exit Poll mungkin sedikit salah. Tapi yang tidak beres adalah ini: mentolerir sentimen anti-Muslim bukanlah strategi yang kalah dalam politik kita di Inggris tahun 2019. "

“Itu harus menjadi perhatian besar, bagi kita semua, di negara kita. Dan terang-terangan, saat ini, tidak, ”tambahnya.

Sayeeda Warsi, mantan ketua bersama Partai Konservatif dan anggota kabinet, juga berbicara untuk mengatakan partainya “harus mulai memulihkan hubungannya dengan Muslim Inggris”.

Dia menyebut dukungan Johnson dari tokoh sayap kanan Tommy Robinson dan Katie Hopkins, dan rekan Partai Konservatifnya me-retweet pernyataan-pernyataan itu "sangat mengganggu".

"Pertempuran untuk menghilangkan rasisme sekarang harus diintensifkan," tweetnya, menyerukan penyelidikan independen terhadap Islamophobia.

Banyak tokoh dari minoritas Inggris berbicara dengan solidaritas satu sama lain menyusul hasil yang mengejutkan banyak orang.

Wartawan dan akademisi Inggris Sunny Hundal mengatakan kaum minoritas harus bersatu setelah pemilihan.

"Ini adalah pemilihan umum terburuk untuk minoritas agama di Inggris yang dapat saya ingat," tweetnya.

“Orang-orang telah ditentang satu sama lain tidak seperti sebelumnya. Dampak ini akan terasa selama bertahun-tahun, jika tidak beberapa dekade, kecuali kita secara terbuka menentangnya, ”tambahnya.

Komedian Nish Kumar, yang mengambil bagian dalam liputan pemilihan pada hari Kamis bersama ayah Boris Johnson, mentweet gambar dirinya dengan kepala di tangannya.

"Ini adalah foto saya yang bereaksi terhadap ayah Perdana Menteri yang mengatakan wanita yang mengenakan burqa tidak boleh menjadi pilot tempur," jelasnya.

Pada hari Kamis, kelompok Muslim Inggris MEND mengajukan permintaan resmi kepada Komisi Persamaan dan Hak Asasi Manusia Inggris (EHRC) untuk menyelidiki kebencian anti-Muslim di Partai Konservatif.

Dalam laporannya tahun 2018, pengawas Islamophobia Tell MAMA UK mengidentifikasi lonjakan yang signifikan dalam kejahatan kebencian anti-Muslim di negara itu pada Agustus setelah Johnson menulis kolom surat kabar yang menyebut wanita Muslim berjilbab sebagai "kotak surat" dan "perampok bank".

Dalam seminggu setelah artikelnya, insiden anti-Muslim meningkat sebesar 375 persen.

Dewan Muslim Inggris pada hari Selasa menuduh BBC  lalai melaporkan sepenuhnya Islamofobia dalam partai selama liputan pra-pemilihan, mengatakan itu sama saja dengan "hasutan" terhadap Muslim di Inggris. (TNA)


latestnews

View Full Version